Inilah 5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah di Asia

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:00 WIB
loading...
A A A
Rusia hanya berhasil merebut wilayah utara yang sekarang menjadi Turki pada abad ke-19. Sementara Inggris hanya bisa merebut wilayah timur yang kini menjadi Pakistan.

Sementara itu Iran yang berada di bawah kekuasaan dinasti Qajar telah banyak berhutang dari bank Eropa dan tidak bisa membayarnya. Karena itu Inggris dan Rusia sepakat untuk mengontrol dan membagi pendapatan Persia dari berbagai sumber.

Namun Kekaisaran Persia ini tak pernah setuju, sehingga negara ini termasuk ke dalam negara Asia tidak pernah dijajah.



5. Jepang

Jepang menjadi salah satu dari sedikitnya negara yang bisa melawan penjajah Eropa. Negara ini juga telah membangun kekuasaan di wilayah Taiwan, Korea dan Sakhalin Selatan.

Pemerintah Jepang ini telah menyadari invasi dari bangsa Eropa, sehingga mereka membuat Restorasi Meiji tahun 1868. Reformasi sosial politik ini berhasil mengalahkan Kekaisaran dinasti China selama perang Tiongkok Jepang yang pertama.

Rusia juga sempat menyerang negara Asia ini, namun Jepang sudah siap menghadapi negara Eropa tersebut pada tahun 1905. Pada Perang Dunia II kekalahan Jepang membuatnya kehilangan kekuasaan di Korea dan Manchuria.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)