Inilah 5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah di Asia

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:00 WIB
loading...
Inilah 5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah di Asia
Lima negara Asia yang tidak pernah dijajah. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Negara yang tidak pernah dijajah biasanya memiliki beberapa faktor yang membuat para penjajah enggan untuk menguasai negara tersebut. Misalnya seperti sumber daya alam yang kurang melimpah atau negara tersebut memiliki kekuatan militer yang kuat sehingga ditakuti.

Melansir dari indiatimes.com, penjajahan dunia dimulai dari negara negara di Eropa pada akhir abad ke-15. Penjajahan pertama dilakukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1492 ke benua Amerika. Kerajaan Spanyol dan Portugis juga termasuk dua negara yang mengawali masa penjajahan ini, disusul oleh Inggris, Prancis dan Belanda pada abad ke-17.

Sejarah kolonialisme ini bertujuan untuk menguasai sebuah wilayah yang memiliki sumber daya alam melimpah sehingga bisa dieksploitasi untuk mendapat keuntungan.

Antara abad ke-16 dan 20, negara Eropa ini mencoba untuk menguasai semua kekayaan dunia. Mereka berhasil menguasai sebagian besar kawasan Australia dan Asia . Namun ada beberapa negara di Asia yang tidak tersentuh masa kolonialisme ini.

Baca juga: 5 Negara Jazirah Arab dengan Kekuatan Militer Terkuat

Inilah 5 Negara Asia yang tidak pernah dijajah :



1. Arab Saudi

Pada abad ke-16 Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmani menguasai sebagian besar Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara dan pada awal abad ke-14 hingga abad ke-20 Kekaisaran ini menguasai sebagian besar Arab Saudi hingga tahun 1918.

Selama masa pemerintahan ini, Kerajaan Arab Saudi mulai berjuang untuk membebaskan diri. Gerakan ini bertepatan dengan Perang Dunia I ketika Inggris berperang dengan Kekaisaran Ottoman. Untuk itu Inggris membantu Arab Saudi untuk melemahkan Kekaisaran Ottoman.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1218 seconds (10.101#12.26)