Inilah 5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah di Asia

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:00 WIB
loading...
A A A
2. Thailand

Negara tetangga Indonesia ini juga termasuk dalam negara Asia yang tidak pernah dijajah. Raja Chulalongkorn, yang dianggap sebagai salah satu raja terbesar di Thailand , bekerja untuk mengadopsi beberapa kebiasaan Eropa dan menjadi tertarik pada teknologi Eropa dalam upaya untuk mencegah penjajahan saat itu.

Raja Thailand ini juga melakukan upaya diplomatik dengan Inggris. Selain bekerjasama dan memiliki koneksi dengan negara Eropa Thailan juga kurang memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga kurang diminati oleh para penjajah.



3. China

China pada saat itu memang dikenal dengan negara yang memiliki kekuatan militer dan pemerintahan kuat, sama seperti Kekaisaran Ottoman. Memiliki daerah kekuasaan yang besar juga menjadi keuntungan bagi China sehingga sulit untuk menjadi target jajahan.

Alih alih mendapat kekuasaan kolonial, negara eropa seperti Inggris dan Prancis hanya bisa menguasai impor dan ekspor China. Melihat hal tersebut, Rusia dan Italia juga menginginkan hal yang sama.

Karena itu wilayah pesisir China menjadi terbagi. Dinasti Qing pada saat itu kehilangan sebagian kekuasaannya namun tidak semua kendalinya.

4. Iran

Karena lokasinya yang strategis dan menjadi penghubung antara Asia dan Eropa. Rusia dan Inggris tertarik untuk menguasai Iran yang pada saat itu masih menjadi Kekaisaran Persia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)