5 Negara Jazirah Arab dengan Kekuatan Militer Terkuat

Selasa, 21 Juni 2022 - 23:37 WIB
loading...
5 Negara Jazirah Arab dengan Kekuatan Militer Terkuat
Lima negara Jazirah Arab dengan kekuatan militer terkuat, salah satunya Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Wilayah Jazirah Arab terletak di Asia Barat daya pada persimpangan Afrika dan Asia yang sebagian besar wilayahnya tertutup oleh gurun pasir. Selain memiliki kekayaan alam, negara-negara di kawasan ini juga memiliki kekuatan militer yang tidak bisa dianggap remeh.

Melansir dari New World Encyclopedia, wilayah Jazirah Arab dibatasi di sebelah barat Laut Merah dan Teluk Aqaba, di tenggara Laut Arab (bagian dari Samudra Hindia), dan di timur laut Teluk Oman, Selat Hormuz, dan Teluk Persia.

Batas utaranya ditentukan oleh zona tumbukan Zagros, pengangkatan pegunungan tempat terjadi tumbukan benua antara Lempeng Arab dan Asia. Itu menyatu dengan Gurun Suriah tanpa garis demarkasi yang jelas.

Baca juga: Mengapa Putri-putri Cantik Kerajaan Arab Saudi Tak Berhijab?

Wilayah Jazirah Arab ini juga termasuk ke dalam negara Timur Tengah. Terdapat beberapa negara yang termasuk ke dalam wilayah ini. Di antaranya memiliki kekuatan militer yang kuat.

Inilah 5 negara Jazirah Arab dengan kekuatan militer terkuat :

1. Arab Saudi

Arab Saudi termasuk ke dalam negara yang paling kuat dari segi militer di wilayah Jazirah Arab. Negara ini memiliki anggaran pertahanan USD56,7 miliar dan 233.500 tentara yang dilengkapi 1.095 tank dan 652 pesawat tempur.

Negara terbesar di wilayah Timur Tengah ini juga termasuk kedalam 4 besar negara yang memiliki pengeluaran militer tertinggi. Karena itu, Arab Saudi memiliki persenjataan yang terbaru di kawasan tersebut.

2. Uni Emirat Arab
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1512 seconds (10.101#12.26)