Bantu Pengungsi Ukraina, Jurnalis Rusia Jual Medali Nobel

Selasa, 21 Juni 2022 - 21:27 WIB
loading...
Bantu Pengungsi Ukraina, Jurnalis Rusia Jual Medali Nobel
Jurnalis Rusia, Dmitry Muratov, melelang medali emas Hadiah Nobel Perdamaian yang dimenangkannya. Foto/Fox29
A A A
MOSKOW - Jurnalis Rusia , Dmitry Muratov, melelang medali emas Hadiah Nobel Perdamaian yang dimenangkannya dengan memecahkan rekor USD103,5 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Pemimpin redaksi Novaya Gazeta itu mengatakan akan menyumbangkan semua uangnya kepada UNICEF untuk membantu anak-anak dan keluarga asal Ukraina yang terlantar akibat konflik militer yang sedang berlangsung di negara itu.

Muratov, yang merupakan pemimpin redaksi dan salah satu pendiri surat kabar independen Rusia Novaya Gazeta (The New Gazette), menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada Oktober 2021 lalu bersama jurnalis Filipina Maria Ressa atas upaya mereka untuk menjaga kebebasan berekspresi.

Wartawan itu awalnya mengumumkan bahwa ia akan menjual kembali hadiahnya pada 22 Maret dan akhirnya dilelang melalui Heritage Auctions di New York City pada 20 Juni, bertepatan dengan Hari Pengungsi Sedunia internasional.

Tawaran pertama datang pada USD700.000 dan dengan cepat bertambah menjadi USD16,6 juta. Beberapa waktu kemudian seorang penawar anonim memasang harga USD103,5 juta untuk medali emas 23 karat, dan tidak ada peserta lain yang berhasil menandingi tawaran itu.



Sebelumnya, orang yang paling banyak membayar untuk medali hadiah Nobel adalah pada tahun 2014, ketika James Watson, yang memenangkan hadiah Nobel untuk penemuan struktur DNA pada tahun 1962, menjual medalinya seharga USD4,76 juta.

“Saya berharap akan ada solidaritas yang sangat besar,” kata Muratov setelah penjualan.

"Tapi saya tidak menyangka ini akan menjadi jumlah yang sangat besar," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (21/6/2022).

“Kami memikirkan hal ini untuk waktu yang lama dengan tim penyunting Novaya Gazeta dan kami menyadari bahwa ada orang yang jauh lebih buruk daripada kami. Pengungsi. Anak-anak Ukraina yang sakit. Ini jauh lebih buruk bagi mereka daripada bagi kita,” Muratov mengungkapkan ketika dia pertama kali mengumumkan bahwa dia akan menjual medalinya untuk membantu anak-anak Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)