Bantu Pengungsi Ukraina, Jurnalis Rusia Jual Medali Nobel

Selasa, 21 Juni 2022 - 21:27 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan bahwa keputusan untuk melelang hadiah itu didukung oleh "100%" staf surat kabar.



Muratov sebelumnya telah menyatakan di Telegram bahwa pelelangan itu adalah tindakan solidaritas dengan lebih dari 10 juta pengungsi Ukraina yang mengungsi akibat serangan Rusia, yang ia sebut sebagai tragedi.

Berbicara tentang mengapa dia memilih UNICEF sebagai penerima uang, Muratov mengklaim bahwa penting bagi staf Novaya Gazeta bahwa organisasi yang mereka pilih bukan milik satu pemerintah, membiarkannya bekerja tanpa batas.

Dia menambahkan bahwa dia sangat prihatin dengan anak-anak yatim piatu akibat konflik di Ukraina dan ingin mengembalikan masa depan mereka.

"Ini harus menjadi awal dari flashmob atau contoh untuk diikuti sehingga orang melelang barang berharga mereka untuk membantu pengungsi Ukraina," kata Muratov dalam video yang dirilis oleh Heritage Auctions menjelang lelang.

Novaya Gazeta memutuskan untuk menangguhkan operasinya baik online maupun cetak pada 28 Maret setelah menerima dua peringatan dari regulator media Rusia karena gagal mengidentifikasi entitas "agen asing" seperti itu dalam artikelnya. Di bawah hukum Rusia, jika sebuah publikasi menerima dua peringatan dari regulator, lisensinya dapat dicabut.



Muratov, yang secara terbuka menentang serangan militer Moskow terhadap Kiev, menyatakan bahwa surat kabar itu tidak akan melanjutkan operasi sampai “berakhirnya operasi khusus di wilayah Ukraina.”

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengomentari keputusan Muratov untuk menyumbangkan uang kepada UNICEF, yang membantu pengungsi Ukraina di seluruh dunia, termasuk di Rusia, dengan menyatakan bahwa setiap kontribusi untuk tujuan ini, terutama yang berkaitan dengan anak-anak, hanya dapat diterima.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)