Perjuangkan Kebebasan Berekspresi, Jurnalis Rusia dan Filipina Raih Nobel Perdamaian

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:52 WIB
loading...
Perjuangkan Kebebasan Berekspresi, Jurnalis Rusia dan Filipina Raih Nobel Perdamaian
Jurnalis asal Filipina Maria Ressa dan Dmitry Muratov dari Rusia meraih hadiah Nobel Perdamaian 2021 atas perjuangan mereka memperjuangkan kebebasan berekspresi di negara masing-masing. Foto/BBC
A A A
OSLO - Dua jurnalis dari dua negara berbeda, Dmitry Muratov dari Rusia dan Maria Ressa asal Filipina mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian . Keduanya mendapatkan penghargaan bergengsi itu untuk perjuangannya mendapatkan ruang kebebasan berekspresi di negaranya masing-masing.

"Penghargaan diberikan untuk upaya mereka menjaga kebebasan berekspresi, yang merupakan prasyarat bagi demokrasi dan perdamaian abadi," ucap Ketua komite, Berit Reiss-Andersen, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (8/10/2021).

Dmitry Muratov adalah seorang jurnalis dan pemimpin redaksi surat kabar Novaya Gazeta Rusia. Surat kabar miliknya digambarkan oleh Committee to Protect Journalists (CPJ) sebagai satu-satunya surat kabar yang benar-benar kritis dengan pengaruh nasional di Rusia saat ini. Muratov bekerja sebagai editor di surat kabar itu antara tahun 1995 dan 2017.

Muratov sebelumnya juga memenangkan penghargaan kebebasan pers internasional CPJ pada tahun 2007 atas keberaniannya membela kebebasan pers dalam menghadapi serangan, ancaman, dan pemenjaraan.



Sementara itu Maria Ressa adalah jurnalis dan penulis Filipina-Amerika, salah satu pendiri dan CEO Rappler, yang menghabiskan hampir dua dekade sebagai reporter investigasi di Asia Tenggara untuk CNN.

Pada tahun 2020 ia dihukum karena pencemaran nama baik di bawah undang-undang Filipina yang kontroversial terhadap kejahatan dunia maya, sebuah langkah yang secara luas dikutuk oleh kelompok-kelompok hak asasi dan jurnalis sebagai serangan terhadap kebebasan pers.

The Guardian menerbitkan editorial tentang Ressa tahun lalu, menyebutnya sebagai "jurnalis pemberani" dan keyakinannya sebagai langkah yang dirancang untuk mendinginkan media.

"Jurnalisme yang bebas, independen, dan berdasarkan fakta berfungsi untuk melindungi dari penyalahgunaan kekuasaan, kebohongan, dan propaganda perang. Tanpa kebebasan berekspresi dan kebebasan pers, akan sulit untuk berhasil mempromosikan persaudaraan antar bangsa, perlucutan senjata dan tatanan dunia yang lebih baik untuk berhasil di zaman kita," kata Berit Reiss-Andersen.

Hadiah Nobel Perdamaian telah diberikan sebanyak 102 kali sejak tahun 1901, diberikan kepada seseorang atau orang-orang yang telah atau telah melakukan pekerjaan paling banyak atau terbaik untuk persaudaraan antar bangsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)