Pemerintah Belanda Minta Maaf kepada Para Veteran Srebrenica

Minggu, 19 Juni 2022 - 12:41 WIB
loading...
A A A
Pada Juli 1995, di tengah kampanye genosida oleh pasukan Serbia Bosnia, ribuan Muslim melarikan diri ke zona aman PBB di Srebrenica. Mereka dilindungi oleh pasukan Belanda dengan perlengkapan ringan yang dengan cepat diserbu selama serangan Serbia Bosnia.

Setelah mengamankan penyerahan pasukan Belanda, pasukan Serbia Bosnia di bawah Jenderal Ratko Mladic memisahkan pria dan anak laki-laki untuk apa yang mereka katakan akan menjadi "interogasi".

Selama lima hari berikutnya, orang-orang itu dieksekusi dan dikubur di kuburan massal oleh pasukan Mladic.

Serbia selalu menyangkal pembunuhan yang merupakan bagian dari kampanye genosida, tetapi menerima itu adalah kejahatan.



Permintaan maaf Rutte datang setahun setelah sebuah laporan membuat serangkaian rekomendasi tentang bagaimana 850 tentara Dutchbat III, banyak di antaranya menderita gangguan stres pascatrauma setelah pengalaman perang mereka.

Dan pada tahun 2019, Mahkamah Agung Belanda memutuskan bahwa Belanda sebagian bertanggung jawab atas kematian sekitar 350 pria dalam pembantaian tersebut, memutuskan bahwa mereka telah memindahkan orang-orang itu dari pangkalan Belanda meskipun mengetahui bahwa mereka dalam bahaya serius dilecehkan dan dibunuh oleh pasukan Serbia Bosnia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)