Pemerintah Belanda Minta Maaf kepada Para Veteran Srebrenica

Minggu, 19 Juni 2022 - 12:41 WIB
loading...
Pemerintah Belanda Minta Maaf kepada Para Veteran Srebrenica
PM Mark Rutte menyampaikan permintaan maaf pemerintah Belanda kepada para veteran Srebenica. Foto/BBC
A A A
AMSTERDAM - Pemerintah Belanda meminta maaf kepada ratusan mantan tentara yang dikirim untuk mempertahankan Srebrenica selama perang Bosnia .

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mengatakan, pasukan tidak dilengkapi dengan peralatan untuk menghentikan pembantaian dan diminta untuk melakukan "tugas yang mustahil".

Pada Juli 1995, sekitar 8.000 pria Muslim Bosnia dibantai setelah pasukan Belanda diserbu oleh pasukan Serbia .

Sebelumnya, pemerintah Belanda bersikeras bahwa kesalahan ada pada PBB karena gagal memberikan dukungan udara.



Tetapi berbicara kepada para veteran di sebuah pangkalan militer di Belanda tengah pada hari Sabtu, Rutte menerima bahwa pasukan pasukan penjaga perdamaian Dutchbat III telah berjuang karena mandat, peralatan, dan dukungan militer yang diterima selama misi semuanya tidak memadai untuk sebuah misi yang pada akhirnya terbukti mustahil untuk dilaksanakan.

"Hari ini, saya meminta maaf atas nama pemerintah Belanda kepada semua wanita dan pria di Dutchbat III. Kepada Anda semua di sini, dan kepada mereka yang tidak bersama kami hari ini," kata Rutte kepada para veteran.

"Dengan penghargaan dan rasa hormat sebesar mungkin atas cara Dutchbat III terus berusaha melakukan hal yang benar, dalam keadaan yang sangat sulit, bahkan ketika itu benar-benar tidak mungkin lagi," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/6/2022).

Selain permintaan maaf, tentara yang dikerahkan ke Srebrenica juga diberikan Medali Kehormatan Perunggu dari Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)