Cacar Monyet Bakal Punya Nama Baru

Rabu, 15 Juni 2022 - 02:24 WIB
loading...
A A A
Sejumlah penyakit yang pernah terjadi di masa lalu diklasifikasikan sebagai darurat kesehatan masyarakat adalah flu babi, polio, Ebola, Zika, dan terbaru COVID-19.

"Wabah cacar monyet tidak biasa dan mengkhawatirkan," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Untuk alasan itu saya telah memutuskan untuk mengadakan Komite Darurat di bawah peraturan kesehatan internasional minggu depan, untuk menilai apakah wabah ini merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," imbuhnya.



Virus ini telah menyebar dengan cara yang tidak biasa di seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir. Wabah sebelumnya terutama terbatas di bagian Afrika di mana hewan pengerat - bukan monyet - dianggap sebagai hewan inang utama.

Infeksi penyakit ini biasanya ringan dan risiko terhadap populasi umum rendah, tetapi pemerintah Inggris telah membeli stok vaksin cacar untuk mencegah lebih banyak kasus.

Infeksi menyebabkan ruam yang terlihat seperti cacar air. Virus dapat menyebar ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Penyakit ini sebelumnya tidak digambarkan sebagai infeksi menular seksual, tetapi dapat ditularkan melalui kontak dekat. Siapapun yang terinfeksi virus ini harus menjauhkan diri dari aktivitas seks saat mereka memiliki gejala.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)