Cacar Monyet Bakal Punya Nama Baru

Rabu, 15 Juni 2022 - 02:24 WIB
loading...
Cacar Monyet Bakal Punya Nama Baru
WHO tengah bekerja untuk menemukan nama baru untuk monkeypox atau cacar monyet. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang bekerja dengan para ahli untuk menemukan nama baru untuk monkeypox atau cacar monyet .

Itu terjadi setelah lebih dari 30 ilmuwan minggu lalu menulis tentang "kebutuhan mendesak untuk nama yang tidak diskriminatif dan tidak menstigmatisasi" untuk virus dan penyakit yang ditimbulkannya.

"Referensi lanjutan tentang virus sebagai orang Afrika tidak akurat dan diskriminatif," kata mereka seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/6/2022).

Monkeypox disebabkan oleh virus monkeypox , anggota keluarga virus yang sama dengan cacar, meskipun tidak terlalu parah.

Satu nama baru untuk itu yang telah disarankan oleh para ilmuwan adalah hMPXV, tetapi kita harus menunggu untuk mendengar apa pendapat WHO tentang itu.



Sekitar 1.600 kasus penyakit ini telah tercatat secara global dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara 72 kematian telah dilaporkan di negara-negara di mana cacar monyet sudah endemik, namun tidak ada yang terlihat di 32 negara yang baru terkena seperti Inggris.

Pada hitungan terakhir, per 12 Juni, ada 452 kasus yang dikonfirmasi di Inggris, 12 di Skotlandia, 2 di Irlandia Utara, dan 4 di Wales.

WHO mengatakan akan mengadakan pertemuan darurat minggu depan untuk menentukan apakah akan mengklasifikasikan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, alarm tertinggi yang dapat disuarakan badan kesehatan PBB itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)