Cacar Monyet Mewabah, WHO Bakal Gelar Pertemuan Komite Darurat

Rabu, 15 Juni 2022 - 00:26 WIB
loading...
Cacar Monyet Mewabah, WHO Bakal Gelar Pertemuan Komite Darurat
WHO bakal gelar pertemuan Komite Darurat untuk menentukan apakah wabah cacar monyet sudah dapat dianggap sebagai darurat kesehatan global. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan membentuk komite ahli darurat untuk menentukan apakah wabah cacar monyet yang secara misterius meluas menyebar ke luar Afrika harus dianggap sebagai darurat kesehatan global.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa ia memutuskan untuk mengadakan komite darurat pada 23 Juni mendatang karena virus tersebut baru-baru ini telah menunjukkan perilaku yang "tidak biasa" dengan menyebar di negara-negara jauh di luar bagian Afrika di mana virus itu endemik.

"Kami percaya bahwa itu juga memerlukan beberapa tanggapan terkoordinasi karena penyebaran geografis," katanya kepada wartawan seperti dilansir dari US News,Rabu (15/6/2022).

Mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan internasional akan memberikan sebutan yang sama dengan pandemi COVID-19 dan berarti WHO menganggap penyakit yang biasanya langka sebagai ancaman berkelanjutan bagi negara-negara secara global.

Inggris pada Senin ini mengatakan memiliki 470 kasus cacar monyet di seluruh negeri, dengan sebagian besar terhadi pada pria gay atau biseksual. Ilmuwan Inggris pekan lalu mengatakan mereka tidak tahu apakah penyebaran penyakit ini di Inggris telah mencapai puncaknya.



"Pertemuan para ahli dari luar juga dapat membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang virus tersebut," kata Tedros, ketika WHO merilis pedoman baru tentang vaksinasi cacar monyet.

Ibrahima Soce Fall, Direktur Kedaruratan WHO untuk Afrika, mengatakan jumlah kasus meningkat setiap hari dan pejabat kesehatan menghadapi banyak kesenjangan dalam hal pengetahuan tentang dinamika penularan baik di Afrika maupun di luar benua itu.

“Dengan saran dari komite darurat, kita bisa berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengendalikan situasi. Tetapi itu tidak berarti bahwa kita langsung menuju darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” ujarnya, merujuk pada tingkat kewaspadaan tertinggi WHO untuk wabah virus.

“Kami tidak ingin menunggu sampai situasi di luar kendali untuk mulai memanggil komite darurat,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)