Belum Pernah Terlihat, Foto-foto Hari-hari Awal Kamp Guantanamo Dirilis NYT

Senin, 13 Juni 2022 - 14:59 WIB
loading...
A A A
Foto itu mendokumentasikan bagaimana para tahanan ditutup matanya, ditahan dan dipaksa menggunakan headphone untuk memblokir suara apa pun.

Salah satu gambar, misalnya, termasuk David Hicks, seorang warga Australia yang tertangkap sedang berperang untuk Taliban, diturunkan dari landasan pesawat kargo, yang diduga pada hari pertama operasi penjara di Teluk Guantanamo.

Hicks kemudian mengaku bersalah atas kejahatan perang selama pertempurannya dan dikembalikan ke Australia pada 2007.

Penulis artikel tersebut, Carol Rosenberg, sebenarnya adalah salah satu dari sedikit jurnalis yang diizinkan Departemen Pertahanan untuk hadir pada pemindahan tahanan pertama; namun, dia dan rekan-rekannya dilarang mendokumentasikan peristiwa tersebut secara visual.

Dunia pada akhirnya akan melihat sekilas karya salah satu fotografer itu, Perwira Shane T McCoy dari Angkatan Laut, sekitar seminggu kemudian, ketika militer merilis lima fotonya.

Di antara rilis tersebut adalah satu gambar yang melambangkan Teluk Guantanamo, 20 pria berlutut di dalam kandang yang terhubung dengan rantai pada hari pembukaan.

Foto lain yang baru diperoleh menggambarkan cara sebagian besar tahanan diangkut ke fasilitas itu oleh anggota layanan AS hanya dengan membawa mereka.

Menurut Michael Pendergrass, yang merupakan fotografer Angkatan Laut pada saat itu dan menangkap gambar seorang tahanan yang dibawa ke pusat pemrosesan di Camp X-Ray, "Dengan belenggu terpasang, lebih mudah untuk mengangkut mereka dengan membawa mereka."

Pada setiap kedatangan, unit respon cepat dengan perisai anti huru hara bersiaga, seperti yang terlihat pada gambar.

Sebagian besar tahanan awal mudah dibawa karena mereka ramping, menyiratkan bahwa mereka kekurangan gizi, laporan tersebut merinci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)