Rezim Kim Jong-un Habiskan Rp9,4 Triliun untuk Rentetan Uji Rudal Korut

Sabtu, 11 Juni 2022 - 01:09 WIB
loading...
A A A
“Seperti yang dipersyaratkan oleh sistem anti-epidemi darurat maksimum, kami menuntut semua staf secara ketat mematuhi aturan dan peraturan anti-pandemi,” kata pejabat sanitasi Kim Hye Kyong kepada AFP di Pyongyang, Kamis, saat pekerja berpakaian hazmat menyemprot ke bawah bus troli.

Di awal pandemi, Pyongyang berulang kali menolak tawaran vaksin COVID-19, termasuk dari WHO, dan baru-baru ini mengabaikan tawaran bantuan medis baru dari Seoul dan Washington.

Media pemerintah Pyongyang—yang biasanya melaporkan uji coba senjata yang berhasil 24 jam kemudian—belum melaporkan peluncuran rudal negara itu baru-baru ini.

"Ini berarti sebagian besar warga Korea Utara akan tahu sedikit tentang berapa banyak sumber daya yang telah diledakkan oleh pemerintah mereka ke laut," kata Sokeel Park, direktur negara Korea Selatan untuk Liberty di Korea Utara..

"Warga Korea Utara tidak mengetahui tentang pengeluaran militer bahkan ketika mereka berurusan dengan pandemi, kekurangan dari dua tahun penguncian, dan meroketnya harga obat-obatan," ujarnya.

Para pejabat AS dan Korea Selatan juga telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa rezim Kim Jong-un sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir baru.

Wendy Sherman, wakil menteri luar negeri AS, pada Selasa lalu mengatakan akan ada tanggapan "cepat dan kuat" jika Pyongyang melanjutkan uji coba nuklir ketujuhnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)