Pertama Kalinya, Menteri Pertahanan AS dan China Bertemu di Singapura

Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:02 WIB
loading...
A A A
Sebelum pertemuan, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan Washington akan mencoba membangun jalur komunikasi di tingkat tertinggi militer sebagai mekanisme untuk menghindari situasi yang akan mengakibatkan konflik antara dua kekuatan Pasifik.

"AS juga ingin melihat mekanisme komunikasi antara komandan di tingkat teater," kata para pejabat.

"Ini telah menjadi prioritas bagi kami dalam hubungan pertahanan," kata pejabat itu.



AS telah sering menyebut apa yang dilihatnya sebagai agresi China yang berkembang di kawasan itu, menuduh Tentara Pembebasan Rakyat melakukan aktivitas yang tidak aman dan berbahaya, terutama di sekitar Laut China Selatan dan Taiwan.

Pada saat yang sama, China telah vokal dalam mengutuk hubungan antara AS dan Taiwan.

Setelah delegasi kongres mengunjungi Taiwan akhir bulan lalu, Kedutaan Besar China di Washington mendesak AS untuk menghindari mengirim sinyal yang salah kepada pasukan separatis 'kemerdekaan Taiwan', menurut sebuah pernyataan dari kedutaan.

Pada minggu yang sama, China mengirim 30 pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, angka harian tertinggi dalam empat bulan terakhir.

“Masalah Taiwan akan menonjol dalam semua percakapan sekretaris,” kata pejabat senior pertahanan itu.

Austin dijadwalkan untuk berpidato di konferensi dalam salah satu pidato utama di Dialog Shangri-La pada Sabtu pagi, diikuti dengan pidato oleh Wei pada Minggu pagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)