100 hari Perang Rusia-Ukraina Sebabkan Harga Pangan dan Komoditas Global Naik

Rabu, 08 Juni 2022 - 22:40 WIB
loading...
A A A
Ukraina biasanya menghasilkan 10% ekspor gandum dunia, 10% ekspor jagung, 18% jelai, 19% rapeseed, dan 38% minyak bunga matahari. Invasi Rusia telah menyebabkan biaya makanan meningkat di seluruh dunia, menyebabkan dampak paling dramatis pada kaum miskin di dunia.



PBB memperkirakan bahwa akibat perang, 25 juta ton biji-bijian yang ditujukan untuk ekspor, masih berada di Ukraina. Pemboman berkelanjutan Rusia atas kota-kota dan infrastruktur di seluruh Ukraina, dan blokade pelabuhannya berarti bahwa kemampuan Ukraina untuk mengekspor produknya telah lumpuh – pada tahun 2021, Ukraina mengekspor 96% biji-bijiannya melalui Laut Hitam.

“Ketika perang yang mengejutkan dan tidak perlu ini melewati tonggak sejarah yang suram ini, penting untuk diingat siapa yang memikul tanggung jawab tunggal dan penuh atas krisis bahan bakar dan pangan yang menghantam ekonomi global – Putin. Invasi Putin yang agresif dan tidak beralasan melanggar prinsip dasar hukum internasional,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins.

“Negara memiliki kedaulatan teritorial dan hak untuk menentukan kebijakan luar negeri mereka sendiri. Inggris, Indonesia, dan sebagian besar negara mendukung prinsip ini. Itulah sebabnya 141 negara berkumpul di PBB untuk mengutuk invasi Rusia. Tindakan Putin adalah tindakan agresi imperial yang tidak termasuk dalam dunia modern kita,” lanjut Jenkins.

(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)