Lebih dari 1.000 Pemukim Israel Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa

Selasa, 07 Juni 2022 - 17:46 WIB
loading...
A A A
"Saya juga dilarang memasuki kompleks pada hari Senin, itulah sebabnya saya tidak bisa berada di al-Aqsa untuk mendokumentasikan penyerbuan pemukim," Mohammad Abu Humus, seorang aktivis media di Yerusalem.



“Sejak pawai bendera, para pemukim (Israel) telah meningkatkan aktivitas mereka di tempat-tempat di mana orang-orang Palestina berkumpul di kota itu,” ujar Abu Humus.

Pada hari Minggu, pemukim Israel mengadakan perayaan keagamaan di jalan al-Musrarah, di seberang Gerbang Damaskus, di mana orang-orang Palestina berkumpul, dan dilaporkan terjadi konfrontasi.

"Polisi Israel hadir dalam jumlah besar dan mulai mengusir warga Palestina dengan paksa," kata Abu Humus tentang insiden tersebut.

"Beberapa orang terluka, termasuk seorang pria tua," ia menambahkan.

Pada hari Senin, menteri urusan agama Yordania mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Yordania mengikuti dengan sangat prihatin pelanggaran Israel di Masjid Al-Aqsa.



Yordania memegang hak asuh agama atas tempat-tempat suci Yerusalem di bawah status quo, yang tetap tidak berubah sejak 1967.

Namun pada awal Mei, Perdana Menteri Israel Neftali Bennett mengatakan bahwa "Israel sendiri yang memegang kedaulatan atas Yerusalem," yang menyebabkan memburuknya hubungan antara kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)