Mengapa Hitler Sangat Membenci Yahudi?

Senin, 06 Juni 2022 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Tetapi menurut Grunbauer, yang meninggal pada tahun 1999, Hitler muda “selalu mengeluh tentang apa yang terjadi di Austria, dan, di atas segalanya, dia [berkata] bahwa dia tidak ingin bertugas di militer di Austria karena Austria terlalu sibuk dengan orang Yahudi [verjudet]. Itu adalah salah satu tema yang berulang, bahwa dia mengatakan Wina dan Austria begitu 'verjudet' sehingga dia telah meninggalkan negara itu dan tidak mau berperang dalam perang untuk Austria.”

Hitler akhirnya bisa mendaftar untuk memperjuangkan Jerman, meskipun dia bukan kelahiran Jerman.

Dia mengatakan keluhan ini muncul berulang kali dalam percakapan Hitler dengan ayahnya, yang, seperti ibunya, tampaknya telah menjadi dekat dengan tiran masa depan. Hitler, tambahnya, “juga mengatakan bahwa orang-orang Yahudi adalah pengeksploitasi, karena mereka menguasai Austria dan bursa saham.”

Komentar Hitler yang menggambarkan orang Yahudi sebagai pengeksploitasi bukanlah sesuatu yang Grunbauer dengar secara pribadi—dia berusia 8 tahun saat Hitler menyewa kamar di rumah keluarganya—tetapi dia mengatakan itu adalah sentimen yang dengan jelas diceritakan kepadanya oleh orang tuanya.

Weber, seorang profesor di Universitas Aberdeen dan penulis "Hitler's First War" dan "Becoming Hitler: The Making of a Nazi", membela kredibilitas Grunbauer sebagai saksi sejarah.

Dia menulis dalam artikelnya, "The Pre-1914 Origins of Hitler's Anti-Semitism Revisited", bagaimana, "kesaksiannya harus dibaca lebih sedikit sebagai kenangan pribadi seorang gadis muda... keluarga tentang waktu Hitler dengan mereka. Faktanya, wawancaranya...benar-benar memiliki dua bagian: satu berfokus pada hal-hal yang dibagikan orang tuanya dengannya dan yang lainnya di mana dia membagikan ingatan pribadinya—misalnya, tentang bagaimana dia dan teman-temannya mencoba memainkan trik yang tidak berbahaya pada Hitler.”

Weber menemukan transkrip wawancara yang dilakukan oleh Karl Hoeffkes, seorang penulis Jerman dan kolektor akun pribadi era Nazi, ketika seorang penerbit dan editor yang dia kenal, Wieland Giebel, membagikannya kepada dirinya Juli 2019.

Transkrip tersebut merupakan bagian dari naskah buku yang disipakan terbit berdasarkan transkrip wawancara yang dilakukan oleh Hoeffkes terhadap 1.500 orang, di antaranya pelaku dan korban, yang memiliki akses langsung ke Hitler dan juga telah diwawancarai oleh Hoeffkes. Giebel mengedit dan menerbitkan buku itu.

Hoeffkes sebelumnya tidak membagikan wawancara dan transkrip GrĂĽunbauer, yang disimpan bersama koleksi wawancara dan bahan penelitian lainnya.

“Ternyata,” kata Weber kepada surat kabar Haaretz melalui email, “baik Wieland maupun Karl Hoeffkes tidak menyadari apa pentingnya wawancara itu. Saya menyarankan diri saya agar mencoba untuk mengeksplorasi makna penuh dari wawancara dan menerbitkannya sebelum penerbitan buku mereka.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)