Bantu Ukraina, Senjata Apa Saja yang Diberikan Inggris?

Jum'at, 27 Mei 2022 - 18:04 WIB
loading...
Bantu Ukraina, Senjata Apa Saja yang Diberikan Inggris?
Inggris mengirimkan sejumlah senjata untuk membantu Ukraina melawan Rusia. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
LONDON - Ribuan tentara garis depan Ukraina sekarang menggunakan senjata dan peralatan yang dipasok oleh Inggris. Pemerintah Inggris mengatakan mereka telah menghabiskan USD1,6 miliar untuk dukungan militer untuk Ukraina.

Jadi senjata apa sebenarnya yang dikirim oleh Inggris dan seberapa besar perbedaannya? Berikut senjata yang diberikan Inggris untuk Ukraina seperti dikutip dari BBC, Jumat (27/5/2022).

1. Senjata anti-tank
Inggris telah mengirim lebih dari 5.000 senjata anti-tank ringan generasi berikutnya, atau Nlaw, ke Ukraina. Nlaws dirancang untuk menghancurkan tank dalam jarak dekat dengan satu tembakan.

Sangat penting bagi angkatan bersenjata Ukraina yang membutuhkan senjata segera, rudal yang mudah diangkut dan mudah digunakan. Seorang prajurit dapat dilatih untuk menggunakannya dalam waktu kurang dari sehari.

Banyak analis percaya bahwa mereka telah memiliki dampak besar pada jalannya konflik.



"Nlaw benar-benar kritis terhadap kekalahan serangan darat Rusia pada tahap awal perang," kata Justin Bronk, dari Royal United Services Institute.

Ia mengatakan senjata-senjata itu "sangat efektif" bila digunakan dalam kombinasi dengan artileri.

Dia menunjuk pada serangan yang berhasil pada kolom tank, di mana Nlaws telah menghancurkan kendaraan paling depan, menjebak mereka ke belakang untuk kemudian menargetkannya dengan artileri.

2. Rudal jarak pendek
Menteri Pertahanan Inggris James Heappey mengkonfirmasi bahwa "ratusan" rudal Brimstone akan dikirim ke Ukraina pada 28 April. Menurut Kapten Chris Carlson, mantan Angkatan Laut AS, Brimstones dapat digunakan untuk melawan tank, artileri dan beberapa kapal kecil seperti kapal pendarat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)