Negara-negara G7 Bersumpah Dukung Ukraina sampai Menang Perang Lawan Rusia

Sabtu, 14 Mei 2022 - 02:08 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memuji tekad negara-negara G7 untuk membantu Kiev tetapi juga mendesak mereka untuk melangkah lebih jauh.

"Hari ini saya meminta negara-negara G7 untuk mengadopsi undang-undang dan menerapkan semua prosedur yang diperlukan untuk menyita aset kedaulatan Rusia dan memberikannya ke Ukraina untuk menggunakan uang ini guna membangun kembali negara kami," katanya.

Kuleba juga mendesak Uni Eropa untuk memastikan bahwa embargo ditempatkan pada minyak Rusia, memperingatkan bahwa penghilangan larangan paket blok berikutnya akan berarti persatuannya "rusak".

Perang di Ukraina, kata Kuleba, telah menyebabkan persatuan yang lebih besar di antara sekutu Barat.

“Ukraina yang membuat G7 kuat lagi. Perjuangan kamilah yang mengembalikan kepercayaan pada G7 untuk memimpin, membentuk urusan internasional, dan melawan upaya rezim otoriter untuk mengalahkan demokrasi,” katanya.

Menteri Luar Negeri Moldova Nicu Popescu juga memuji peran Uni Eropa dalam krisis dan berterima kasih kepada G7 atas dukungan mereka dalam membantu negaranya mengatasi dampak perang, termasuk gelombang besar pengungsi.

“Kami melihat bahwa cara terbaik untuk bergerak maju dan menjaga perdamaian di bagian dunia kami adalah melanjutkan integrasi Eropa,” katanya.

Secara terpisah di kota Stuttgart, Jerman barat daya, para menteri pertanian G7 serta mitra Ukraina mereka berkumpul untuk membahas bagaimana mencegah krisis pangan internasional yang dipicu oleh perang.

Menuduh Rusia mencuri hasil dari petani Ukraina, Menteri Pertanian Jerman Cem Oezdemir mengatakan, "Ini adalah bentuk perang yang sangat menjijikkan yang dipimpin Rusia, dalam hal mencuri, merampok, mengambil sendiri gandum dari Ukraina timur.”

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari tetapi pasukan Ukraina berhasil mendorong pasukan Moskow keluar dari Kiev, dan konflik sekarang memasuki bulan ketiga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)