Jenderal Top AS: NATO Model yang Cukup Bagus untuk Asia-Pasifik

Kamis, 28 April 2022 - 03:31 WIB
loading...
A A A
“Jadi, kita akan melihat peningkatan multilateral event dari negara-negara mitra, baik di kawasan maupun di luar kawasan,” papar Aquilino.

Komandan Indo-Pasifik AS menarik perhatian pada Latihan RIMPAC mendatang, yang digambarkan sebagai latihan perang maritim terbesar di dunia dan diselenggarakan dua tahun sekali oleh Komando Indo-Pasifik AS, salah satu dari enam komando terpadu pasukan Amerika.

“Lebih dari 27 negara dari seluruh dunia akan bersatu untuk beroperasi secara damai untuk memastikan kebebasan navigasi, kebebasan bersama global, untuk kepentingan semua bangsa,” papar dia.

Dia mengatakan tidak melihat tuduhan Beijing terhadap AS (mencoba menciptakan NATO Asia) sebagai tuduhan yang “valid”.

“Semua negara mendapatkan pilihan. Pilihan berdaulat tentang apa yang ingin mereka lakukan dengan negara lain. Dan jika bangsa-bangsa ingin bersatu untuk memberikan keamanan dan kemakmuran, maka menurut saya tidak serta merta buruk,” ujar dia.

Pernyataan itu dibuat pada Dialog Raisina, konferensi geopolitik tahunan yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Luar Negeri India dan lembaga think tank Observer Research Foundation (ORF) yang berbasis di Delhi.

Kepala Staf Angkatan Laut India Laksamana R Hari Kumar, Kepala Angkatan Pertahanan Australia Jenderal Angus Campbell, Kepala Staf Pasukan Bela Diri Jepang (SDF) Jenderal Koji Yamakazi dan Marsekal Udara Luc De Rancourt, Wakil Direktur Jenderal untuk Urusan dan Strategi Internasional di Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis adalah peserta panel lainnya.

“Saya menantikan rekan saya (dari China) mengangkat masalah ini dengan saya ketika dia selanjutnya ingin berbicara dengan saya,” ujar Jenderal Campbell Australia, menanggapi tuduhan Beijing.

Beijing tidak hanya menuduh Strategi Indo-Pasifik mencoba menciptakan “NATO Asia,” tetapi juga mengecam keras peran kelompok trans-Atlantik dalam memicu konflik di Ukraina.

Beijing secara konsisten menyatakan kepentingan keamanan yang sah dalam konflik Ukraina harus dihormati, sejalan dengan kekhawatiran Moskow tentang perluasan aliansi NATO yang bermarkas di Brussel sejak 1990.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)