China Bangun Sistem Pertahanan Luar Angkasa, Ini Targetnya

Senin, 25 April 2022 - 15:26 WIB
loading...
China Bangun Sistem Pertahanan Luar Angkasa, Ini Targetnya
China menyiapkan sistem pertahanan luar angkasa untuk melindungi bumi. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China berusaha membangun sistem yang mampu memantau asteroid secara efektif dan berpotensi mengubah arahnya untuk melindungi Bumi dari kemungkinan dampak tabrakan.

Wakil Kepala Badan Luar Angkasa Nasional China (CNSA) Wu Yanhua mengungkapkan pada Minggu bahwa Beijing memperkirakan akan menabrak asteroid sebagai bagian dari percobaan di beberapa titik pada 2025.

“Apa yang direncanakan untuk didirikan adalah sistem pemantauan dan pertahanan asteroid dekat Bumi yang juga berpotensi mampu melindungi pesawat ruang angkasa,” ungkap Wu kepada China Central Television selama acara Space Day of China tahun ini.

Baca juga: Putin Tekan Israel Serahkan Gereja Yerusalem Timur ke Rusia

Sistem yang akan mencakup elemen berbasis darat dan luar angkasa itu akan membuat katalog dan menganalisis asteroid untuk menentukan mana yang berpotensi mengancam Bumi atau aktivitas manusia di luar angkasa.

Baca juga: Singgung China, Menhan Dutton Sebut Australia Harus Siap Perang

“Secara khusus, sistem akan melibatkan kerangka simulasi komputer yang akan memodelkan potensi dampak asteroid,” papar dia.

Baca juga: Israel Mengaku Tak Berencana Membagi Kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem

Proyek ini masih menunggu persetujuan otoritas China. Global Times melaporkan, itu membutuhkan koordinasi beberapa departemen.

China bukan satu-satunya negara yang mengkhawatirkan ancaman asteroid terhadap Bumi. NASA telah mengembangkan proyek serupa juga.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1582 seconds (10.177#12.26)