AS peringatkan akan tutup kantor Taliban di Qatar

Minggu, 23 Juni 2013 - 03:12 WIB
AS peringatkan akan tutup kantor Taliban di Qatar
AS peringatkan akan tutup kantor Taliban di Qatar
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperingatkan Taliban, bahwa negara adi daya itu bisa menutup kantor perwakilan Taliban di Doha, Qatar. Langkah ini akan diambil AS, jika Taliban tidak menunjukkan komitmen lebih untuk rekonsiliasi di Afghanistan.

"Ini merupakan harapan kami, bahwa ini pada akhirnya bisa menjadi langkah penting dalam rekonsiliasi. Kita tahu, bahwa itu mungkin," kata Kerry kepada para wartawan di Doha, Sabtu (22/6/2013), seperti dikutip dari AFP.

“Jika Taliban tidak mengatasi masalah, kita mungkin harus mempertimbangkan, apakah kantor itu harus ditutup," lanjur Kerry. "Ini benar-benar tergantung pada Taliban untuk membuat pilihan itu," katanya.

Awal pekan ini, Taliban telah membuka kantor perwakilan di Doha, di bawah nama “Emirat Islam Afghanistan" dan mengibarkan bendera putih Taliban. Afghanistan sendiri menentang keras pembukaan kantor itu.

Pada Sabtu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai bertemu anggota parlemen dan kembali menegaskan bahwa proses perdamaian harus dipimpin oleh Afghanistan. "Perdamaian adalah harapan suci bagi warga kami. Kami akan melanjutkan upaya kami untuk perdamaian dan tidak akan mengizinkan orang asing untuk menggunakan proses perdamaian kami untuk tujuan menyenangkan bagi mereka sendiri," tegas Karzai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)