1.400 Pengungsi dari Afghanistan Masih di Pangkalan Qatar

loading...
1.400 Pengungsi dari Afghanistan Masih di Pangkalan Qatar
Anggota Angkatan Udara Qatar berjalan di samping anak yang dievakuasi dari Afghanistan di pangkalan udara Al-Udeid di Doha, Qatar. Foto/REUTERS
DOHA - Amerika Serikat (AS) telah memindahkan sebagian besar dari 57.000 orang yang dievakuasi dari Afghanistan ke Qatar keluar dari negara Teluk itu.

“Kurang dari 1.400 orang masih berada di pangkalan militer AS di sana,” ungkap Brigadir Jenderal Gerald Donohue dari Afghanistan pada Sabtu (4/9).

AS mengevakuasi sekitar 124.000 orang dari Kabul bulan lalu sebagai bagian dari pengangkutan udara besar-besaran yang dipimpin AS terhadap warganya, warga Afghanistan dan warga negara lainnya ketika Taliban menguasai negara itu.

Baca juga: Taliban Klaim Benteng Oposisi Terakhir di Lembah Panjshir telah Dikuasai



Jenderal Gerald Donohue mengatakan kepada wartawan beberapa dari mereka yang telah diterbangkan keluar dari Qatar sekarang berada di Amerika Serikat (AS), sementara yang lain berada di Eropa, di mana mereka sedang diproses.

Baca juga: Taliban Wajibkan Wanita Afghanistan Berhijab, Peringatkan AS Tak Ikut Campur

Sebagian besar dari 1.400 orang yang masih berada di pangkalan Al Udeid di Qatar dijadwalkan diterbangkan pada Sabtu.

Baca juga: Pejuang Perlawanan Panjshir ‘Musnahkan’ 450 Pasukan Taliban

“Kelompok kecil pengungsi yang membutuhkan perawatan medis akan tinggal di Qatar sampai dapat melakukan perjalanan,” ujar dia.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top