Utusan AS-Negosiator Taliban Bertemu di Qatar

Selasa, 08 September 2020 - 22:49 WIB
loading...
Utusan AS-Negosiator Taliban Bertemu di Qatar
Utusan khusus Amerika Serikat (AS) Zalmay Khalilzad. Foto/The Hindu
A A A
KABUL - Utusan khusus Amerika Serikat (AS) Zalmay Khalilzad telah mengadakan pertemuan di Doha, Qatar dengan pemimpin baru tim negosiator Taliban untuk pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan . Hal itu diungkapkan oleh kelompok Taliban.

Negosiasi, hasil dari kesepakatan antara Washington dan Taliban, akan dimulai di Doha setelah pembebasan sekitar lima ribu tahanan Taliban.

Para negosiator Afghanistan diperkirakan akan terbang dari Kabul ke Doha minggu ini, tetapi sedang menunggu sinyal dari pemerintah Afghanistan bahwa pembebasan tahanan - yang telah ditolak oleh pemerintah Barat - akan dilanjutkan.(Baca juga: Dorong Perundingan Damai, Afghanistan Bebaskan 200 Tahanan Taliban)

Juru bicara Taliban Dr Mohammad Naeem dalam sebuah pernyataan mengatakan kepala kantor politik Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar dan kepala baru tim perunding Taliban, Abdul Hakim Haqqani, bertemu dengan Khalilzad dan wakil perdana menteri Qatar pada hari Senin, di Doha.

"Masalah yang berkaitan dengan pembebasan tahanan dan segera dimulainya pembicaraan intra-Afghanistan telah dibahas," kata Naeem seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/9/2020).

Pembicaraan dengan para pejabat Amerika selama dua tahun terakhir dipimpin oleh Baradar, yang menandatangani kesepakatan damai dengan Washington tahun ini yang membuka jalan bagi penarikan pasukan internasional dan negosiasi intra-Afghanistan.

Minggu lalu, bagaimanapun, pemimpin tertinggi Taliban Haibatullah Akhunzada mengumumkan bahwa tim baru beranggotakan 21 orang akan dipimpin oleh Haqqani dan bukan Baradar, salah satu pendiri Taliban, yang telah ditinggalkan sepenuhnya.

Tiga komandan Taliban yang berbasis di Afghanistan mengatakan kepada Reuters bahwa pejuang senior di lapangan dalam beberapa pekan terakhir menyatakan keberatan tentang dominasi Baradar dalam pembicaraan itu.

Namun, pejabat Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa tim tersebut telah diubah untuk memberinya kekuasaan untuk mengambil keputusan saat itu juga.(Baca juga: Gelombang Serangan Taliban Guncang Afghanistan, 12 Tewas )

Haqqani, mantan hakim ketua bayangan Taliban, juga mengepalai dewan ulama yang kuat, menurut dua pejabat senior Taliban yang tidak ingin disebutkan namanya.

Seorang pejabat mengatakan Akhunzada mempercayai Haqqani lebih dari siapa pun dalam kelompok itu.

"Kehadirannya pada dasarnya berarti pemimpin tertinggi kami sendiri yang akan menghadiri pembicaraan damai," kata pejabat itu.

Seorang diplomat yang mengikuti proses perdamaian dari Kabul mengatakan kepada Reuters, tanpa menyebut nama: "Baradar mungkin efektif, tetapi Haqqani adalah senior. Yang kami tahu adalah ini dilakukan untuk memiliki tim yang lebih berwibawa yang dapat mengambil keputusan di sana."
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)