Langka, Kim Jong-un Berterima Kasih kepada Presiden Korea Selatan

Jum'at, 22 April 2022 - 14:27 WIB
loading...
Langka, Kim Jong-un Berterima Kasih kepada Presiden Korea Selatan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kiri) melalui suratnya beterima kasih kepada presiden Korea Selatan yang akan lengser, Moon Jae-in, karena telah berusaha memperbaiki hubungan kedua negara. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyampaikan terima kasih kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in. Tindakan langka ini melalui surat ini dilakukan karena Moon Jae-in sudah berusaha memperbaiki hubungan kedua negara.

Kantor berita pemerintah Korut, KCNA, melaporkan perihal surat Kim Jong-un yang dikirim menjelang lengsernya Moon Jae-in.

Sekadar diketahui, pemilihan presiden Korsel telah dilangsungkan pada 9 Maret lalu dan Yoon Suk-yeol terpilih sebagai presiden. Masa kekuasaan Presiden Moon Jae-in kini tinggal hitungan hari sambil menunggu pelantikan Yoon Suk-yeol sebagai presiden baru.

Kim Jong-un dan Moon Jae-in bertukar surat dengan latar belakang hubungan lintas batas yang tegang sejak pertemuan puncak Korea Utara-AS yang gagal pada 2019. Selain itu juga diwarnai ketegangan yang berkobar setelah Pyongyang meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) bulan lalu, melanggar moratorium 2017 yang diberlakukan sendiri.



Kantor Presiden Moon mengonfirmasi bahwa dia telah bertukar "surat persahabatan" dengan Kim Jong-un.

"Moon mengirim surat pada hari Rabu dan berjanji untuk terus mencoba meletakkan dasar untuk penyatuan berdasarkan deklarasi bersama yang dicapai pada pertemuan puncak pada tahun 2018, meskipun 'situasi sulit'," tulis kantor berita KCNA, Jumat (22/4/2022).

Kim Jong-un dalam surat balasan mengatakan bahwa pertemuan puncak bersejarah mereka memberi rakyat harapan untuk masa depan, dan keduanya sepakat bahwa hubungan akan berkembang jika kedua belah pihak melakukan upaya tak kenal lelah dengan harapan.

"Kim Jong-un menghargai rasa sakit dan upaya yang diambil oleh Moon Jae-in untuk tujuan besar bangsa sampai hari-hari terakhir masa jabatannya," lanjut KCNA, menambahkan pertukaran surat adalah ekspresi kepercayaan mereka yang mendalam.

Moon mempertaruhkan warisannya untuk meningkatkan hubungan antar-Korea dan membantu mengatur pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Kim dan Presiden AS saat itu Donald Trump pada 2018 dan 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)