Kim Jong-un Berseri-seri Saksikan Uji Coba Senjata Baru Korut

Minggu, 17 April 2022 - 17:23 WIB
loading...
Kim Jong-un Berseri-seri Saksikan Uji Coba Senjata Baru Korut
Pemimpin Korut Kim Jong-un tampak berseri-seri sambil tepuk tangan bersama para pejabat militer saat menyaksikan uji coba senjata baru. Foto/dailyrecordnews
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan menyaksikan secara langsung uji coba senjata baru negara tertutup itu, seperti dilaporkan kantor berita resmi KCNA.

KCNA melaporkan Kim Jong-un mengamati langsung apa yang disebutnya peluncuran senjata yang sukses. Kantor berita ini merilis foto yang menunjukkan Kim terlihat berseri-seri bertepuk tangan dengan perwira militer Korut.

"Senjata yang diuji memiliki signifikansi besar dalam meningkatkan daya tembak unit artileri jarak jauh garis depan secara drastis, meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian nuklir taktis (Korea Utara) dan diversifikasi misi daya tembak mereka,” lapor KCNA seperti dikutip dari AP, Minggu (17/4/2022).



KCNA tidak merinci, tetapi penggunaan kata-kata "nuklir taktis" menunjukkan bahwa senjata itu kemungkinan mampu membawa hulu ledak nuklir ke medan perang yang dapat mengenai sasaran strategis di Korsel, termasuk instalasi militer AS. Laporan KCNA tidak mengatakan kapan dan di mana peluncuran itu terjadi.

Beberapa pengamat mengatakan senjata yang diperlihatkan dalam foto-foto Korut terbaru menunjukkan bahwa itu kemungkinan adalah rudal KN-23 versi lebih kecil dan lebih ringan. Rudal ini mempunyai kemampuan nuklir yang mampu bermanuver saat terbang dengan tujuan untuk mengalahkan sistem pertahanan udara.

Ahli lain mengatakan rudal itu bisa menjadi rudal baru yang menggabungkan karakteristik teknis KN-23 dan rudal balistik jarak pendek lain yang disebut KN-24.

Kepala Staf Gabungan Korsel dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu mengatakan bahwa mereka telah mendeteksi dua peluncuran proyektil dari kota pantai timur Hamhung pada Sabtu pagi.



Dikatakan proyektil terbang sekitar 110 kilometer pada puncak 25 kilometer dan pada kecepatan maksimum 4 Mach. Pernyataan itu mengatakan otoritas intelijen Korsel dan AS sedang menganalisis rincian tambahan dari peluncuran. Kantor kepresidenan Korsel mengatakan para pejabat telah bertemu dua kali akhir pekan ini untuk membahas kegiatan militer Korut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)