Negara-negara yang Tidak Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Selasa, 19 April 2022 - 14:57 WIB
loading...
A A A
Sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa “penjajahan di atas dunia harus dihapuskan” maka Indonesia tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel sebelum Palestina merdeka.

Sebaliknya, Indonesia memberi dukungan bagi perjuangan kemerdekaan Palestina. Sesuai dengan konstitusi UUD 1945, Indonesia tetap konsisten dalam mengupayakan terwujudnya perdamaian dunia berdasarkan keadilan sosial dan prinsip kemanusiaan.

Meskipun pada akhir tahun lalu sempat mencuat isu normalisasi hubungan Indonesia-Israel, namun pemerintah Indonesia menegaskan bahwa Indonesia tidak berniat untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Sikap dan posisi Indonesia konsisten, akan berada bersama rakyat Palestina dalam memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan Palestina.

3. Taiwan

Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung prinsip One China Policy (Kebijakan Satu China) yang ditetapkan pemerintah Republik Rakyat China (RRC).

Hal ini berimplikasi pada sikap Indonesia, yakni hanya mengakui RRC sebagai pemerintah China yang sah dan tidak mengakui Taiwan sebagai negara berdaulat.

Bagi China, Taiwan merupakan bagian dari negaranya yang dicap sebagai provinsi pemberontak. Namun, lain halnya dengan Taiwan.

Taiwan tidak ingin disamakan dengan China dan bersikukuh memisahkan diri negara tersebut. Namun sampai saat ini, PBB tidak menerima Taiwan sebagai anggota meskipun Taiwan berulang kali mengajukan keanggotaannya sebagai negara merdeka.

Hal ini membuat sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia, juga belum mengakui Taiwan sebagai negara merdeka. Karenanya, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)