Negara-negara yang Tidak Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Selasa, 19 April 2022 - 14:57 WIB
loading...
Negara-negara yang Tidak Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia
Warga mengibarkan bendera Taiwan saat parade Hari Nasional di Taipei, Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Indonesia dengan prinsip bebas aktif, senantiasa bersikap aktif dalam penyelesaian permasalahan internasional. Selain itu, Indonesia juga memiliki kebebasan dalam menentukan sikap dan hubungannya dengan negara lain.

Termasuk pula, mengakui ataupun tidak mengakui kemerdekaan suatu negara. Ada beberapa negara di dunia yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia lantaran kemerdekaannya belum diakui Indonesia karena alasan tertentu.

Berikut adalah tiga negara yang tidak punya hubungan diplomatik dengan Indonesia.

1. Kosovo

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008. Hingga kini legalitas deklarasi kemerdekaan Kosovo masih menuai perdebatan.

Kosovo dianggap mendeklarasikan kemerdekaannya secara sepihak, tanpa melalui persetujuan negara induknya, Serbia.

Indonesia sampai saat ini belum memberikan pengakuan atas kemerdekaan Kosovo. Sikap tersebut diambil Indonesia karena sejalan dengan prinsip menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah setiap negara anggota PBB, dalam hal ini Serbia. Sementara Kosovo belum termasuk anggota PBB.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri RI, Indonesia tetap konsisten memberikan dukungan kepada Serbia, yang menjadi negara sendiri pada 21 Mei 2006.

Hal ini dilakukan atas dasar hubungan bilateral Indonesia dan Serbia yang berlangsung baik sejak masih berdirinya Republik Federasi Sosialis Yugoslavia tahun 1956, yang saat itu terdiri dari 6 negara bagian, yaitu Serbia, Slovenia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, dan Makedonia.

2. Israel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)