Terungkap, Putin Kerahkan Beberapa Kapal Selam Rudal ke Atlantik Utara saat Nuklirnya Siaga Tinggi

Sabtu, 26 Maret 2022 - 07:02 WIB
loading...
A A A
Seorang ahli kekuatan nuklir Rusia juga mengeklaim bahwa senjata yang ditembakkan dari pesawat atau dari darat tidak ada di peluncur Rusia saat ini dan tetap disimpan di bungker, biasanya beberapa kilometer jauhnya dari lapangan terbang.

Awal pekan ini, Kremlin menolak untuk mengesampingkan penggunaan senjata nuklir di Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov ditanya tiga kali oleh CNN apakah dia bisa secara definitif mengesampingkan kemungkinan pemimpin Rusia menekan tombol perintah serangan nuklir—dan tiga kali menolak untuk memberikan jawaban langsung.

Sebaliknya, Peskov hanya mengatakan bahwa doktrin Rusia memungkinkan Putin untuk menggunakan senjata nuklir untuk melihat dari "ancaman eksistensial"—meningkatkan kekhawatiran dia bisa membenarkan menggunakan senjata atas Ukraina, setelah sebelumnya mengatakan negara itu menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan Rusia.

Memerintahkan dimulainya "operasi militer khusus" pada 24 Februari, Putin mengeluarkan peringatan kepada siapa pun 'yang mungkin tergoda untuk ikut campur dalam peristiwa yang sedang berlangsung di Ukraina: "Siapa pun yang mencoba menghalangi jalan kita atau menciptakan ancaman bagi negara kita. Orang-orang harus tahu tanggapan Rusia akan segera dan membawa Anda ke konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda."

Hanya tiga hari kemudian, pada 27 Februari, Putin kemudian memerintahkan pasukan nuklirnya untuk berada dalam posisi siaga tinggi dalam apa yang dia katakan sebagai tanggapan terhadap pernyataan agresif yang dibuat oleh aliansi NATO--yang secara khusus mengancam Barat.

Para pemimpin Barat dan badan-badan intelijennya telah memperingatkan dalam beberapa hari terakhir bahwa Putin mungkin akan mengambil tindakan putus asa saat perang di Ukraina.

Pada hari Minggu, Joe Biden mengulangi peringatan bahwa Kremlin tampaknya mengembangkan dalih untuk menggunakan senjata biologis atau kimia dengan menuduh Ukraina memilikinya—dengan mengatakan "punggung Putin bersandar pada tembok".

The Bulletin of Atomic Scientists, yang telah menerbitkan laporan tentang persenjataan nuklir dunia yang disusun oleh para ahli terkemuka dari Federasi Ilmuwan Amerika sejak 1987, memperbarui catatannya tentang persenjataan nuklir Rusia bulan lalu.

Disebutkan bahwa persediaannya sekitar 4.477 hulu ledak, di mana sekitar 1.588 adalah hulu ledak strategis yang dapat digunakan pada rudal balistik dan di pangkalan pengebom berat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)