Terungkap, Putin Kerahkan Beberapa Kapal Selam Rudal ke Atlantik Utara saat Nuklirnya Siaga Tinggi

Sabtu, 26 Maret 2022 - 07:02 WIB
loading...
Terungkap, Putin Kerahkan Beberapa Kapal Selam Rudal ke Atlantik Utara saat Nuklirnya Siaga Tinggi
Mobil-mobil di Mykolaiv, Ukraina, terbakar akibat invasi Rusia. Presiden Vladimir Putin ternyata mengerahkan beberapa kapal selam rudal balistik ke Atlantik Utara saat senjata nuklirnya siaga tinggi. Foto/Layanan Pers Dinas Darurat Negara Ukraina/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin diam-diam telah mengerahkan beberapa kapal selam bersenjata rudal balistik ke Atlantik utara. Itu dilakukan hanya beberapa jam setelah dia memerintahkan senjata nuklir Rusia dalam siaga tinggi atas perang di Ukraina .

Angkatan Laut Inggris telah mendeteksi kapal-kapal selam Rusia tersebut tanpa merinci jumlahnya.

Komandan Angkatan Laut Inggris percaya keputusan Rusia untuk mengerahkan beberapa kapal selam, yang masing-masing mampu membawa 16 rudal balistik, adalah tindakan "bersikap" daripada ancaman habis-habisan.

Meskipun kapal-kapal selam itu telah kembali ke Rusia tak lama setelah itu, badan-badan intelijen Barat telah siaga konstan terhadap persenjataan nuklir Kremlin—diyakini terbesar di dunia dengan 4.477 hulu ledak.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan dia belum melihat indikasi apa pun bahwa Rusia sedang bersiap untuk menggunakan senjata nuklir, tetapi itu tidak banyak membantu meyakinkan para pemimpin dunia yang gelisah, khususnya di Barat, setelah Putin menggunakan pidato "api dan belerang" saat dia menyatakan perang terhadap Ukraina untuk membuat ancaman nuklir terselubung.



Analis percaya penggunaan senjata nuklir Rusia yang ditemukan di kapal selam adalah "tidak terpikirkan" tetapi beberapa percaya penggunaan rudal taktis jarak pendek—yang dimaksudkan untuk menghancurkan target tertentu daripada seluruh kota—adalah mungkin.

"Mayoritas senjata konvensional Rusia dapat dipasang dengan kemampuan nuklir hasil rendah. Ini lebih kompleks daripada 'plug and play' tetapi Rusia cukup inovatif dalam hal apa yang mereka letakkan di depan bom dan rudal," kata seorang sumber Angkatan Laut kepada The Times, yang dilansir Sabtu (26/3/2022).

Para pejabat Barat mengacu pada pernyataan asli Putin ketika dia mengirim pasukan ke Ukraina—bahwa dia ingin membebaskannya daripada menghancurkannya—sebagai bukti bahwa dia tidak berencana menggunakan senjata nuklir.

Namun, seorang pejabat Barat mengatakan kepada The Times bahwa penggunaan senjata nuklir taktis dilihat sebagai opsi yang akan digunakan di bawah ambang batas nuklir strategis, tetapi menambahkan tidak ada yang disarankan yang mungkin saat ini.

Seorang ahli kekuatan nuklir Rusia juga mengeklaim bahwa senjata yang ditembakkan dari pesawat atau dari darat tidak ada di peluncur Rusia saat ini dan tetap disimpan di bungker, biasanya beberapa kilometer jauhnya dari lapangan terbang.

Awal pekan ini, Kremlin menolak untuk mengesampingkan penggunaan senjata nuklir di Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov ditanya tiga kali oleh CNN apakah dia bisa secara definitif mengesampingkan kemungkinan pemimpin Rusia menekan tombol perintah serangan nuklir—dan tiga kali menolak untuk memberikan jawaban langsung.

Sebaliknya, Peskov hanya mengatakan bahwa doktrin Rusia memungkinkan Putin untuk menggunakan senjata nuklir untuk melihat dari "ancaman eksistensial"—meningkatkan kekhawatiran dia bisa membenarkan menggunakan senjata atas Ukraina, setelah sebelumnya mengatakan negara itu menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan Rusia.

Memerintahkan dimulainya "operasi militer khusus" pada 24 Februari, Putin mengeluarkan peringatan kepada siapa pun 'yang mungkin tergoda untuk ikut campur dalam peristiwa yang sedang berlangsung di Ukraina: "Siapa pun yang mencoba menghalangi jalan kita atau menciptakan ancaman bagi negara kita. Orang-orang harus tahu tanggapan Rusia akan segera dan membawa Anda ke konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda."

Hanya tiga hari kemudian, pada 27 Februari, Putin kemudian memerintahkan pasukan nuklirnya untuk berada dalam posisi siaga tinggi dalam apa yang dia katakan sebagai tanggapan terhadap pernyataan agresif yang dibuat oleh aliansi NATO--yang secara khusus mengancam Barat.

Para pemimpin Barat dan badan-badan intelijennya telah memperingatkan dalam beberapa hari terakhir bahwa Putin mungkin akan mengambil tindakan putus asa saat perang di Ukraina.

Pada hari Minggu, Joe Biden mengulangi peringatan bahwa Kremlin tampaknya mengembangkan dalih untuk menggunakan senjata biologis atau kimia dengan menuduh Ukraina memilikinya—dengan mengatakan "punggung Putin bersandar pada tembok".

The Bulletin of Atomic Scientists, yang telah menerbitkan laporan tentang persenjataan nuklir dunia yang disusun oleh para ahli terkemuka dari Federasi Ilmuwan Amerika sejak 1987, memperbarui catatannya tentang persenjataan nuklir Rusia bulan lalu.

Disebutkan bahwa persediaannya sekitar 4.477 hulu ledak, di mana sekitar 1.588 adalah hulu ledak strategis yang dapat digunakan pada rudal balistik dan di pangkalan pengebom berat.

Publikasi itu juga mengatakan perkiraan tambahan 977 hulu ledak strategis, bersama dengan 1.912 hulu ledak nonstrategis, disimpan sebagai cadangan.

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika, angka terbaru menyatakan bahwa Inggris memiliki persediaan sekitar 225 hulu ledak nuklir.

Disebutkan juga bahwa AS memiliki 5.428 hulu ledak, Prancis memiliki 290, Pakistan memiliki 165, China memiliki 350, India memiliki 160, Israel memiliki 90 dan Korea Utara memiliki 20.

Perang Rusia di Ukraina—dimaksudkan untuk menjadi misi militer selama berhari-hari untuk "memenggal" pemerintah dan membawa negara itu kembali di bawah pengaruh Moskow—sekarang memasuki bulan kedua dengan kerugian besar bagi kedua belah pihak.

Laporan terkini dari militer Rusia mengeklaim bahwa 1.351 tentaranya tewas dalam pertempuran di Ukraina—sangat kecil kecil dari klaim Ukrain yang menyebut 16.000 tewas.

Angka itu hampir tiga kali lipat dari 498 personel yang dikatakan Moskow telah tewas dalam pembaruan terakhirnya, pada 2 Maret, karena juga mengakui 3.825 tentara telah terluka hari ini. Angka itu lebih dari dua kali lipat angka terakhir, yaitu 1.597.

Ini menandai pengakuan yang menakjubkan bagi Kremlin, yang telah bersikeras kepada orang-orang Rusia bahwa "operasi militer khusus di Donbas" berjalan sesuai dengan rencana.

Namun jumlahnya kemungkinan hanya sebagian kecil dari jumlah korban sebenarnya. Ukraina mengklaim telah membunuh 16.000 tentara, NATO mengatakan bahwa antara 7.000 dan 15.000 telah tewas, dan AS memperkirakan 7.000 orang.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)