Derita Pengungsi Kulit Hitam Ukraina: Alami Diskriminasi Saat Kabur dari Invasi Rusia

Minggu, 13 Maret 2022 - 08:28 WIB
loading...
Derita Pengungsi Kulit Hitam Ukraina: Alami Diskriminasi Saat Kabur dari Invasi Rusia
Pelajar asal Ghana, Ethel Ansaeh Otto, menceritakan perlakukan diskriminasi yang dialaminya saat mengungsi dari Ukraina. Foto/Tangkapan Layar
A A A
KIEV - Krisis kemanusiaan di Ukraina telah menimbulkan sorotan terkait dugaan rasisme . Kekhawatiran itu terkait imigran dari Afrika dan orang kulit berwarna lain yang menyebut Ukraina sebagai rumah.

Ketika jutaan orang melarikan diri dari Ukraina, ada tuduhan diskriminasi terhadap para pengungsi ini.

Di Amerika Serikat , masalah ini mendapat perhatian Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna dan Liga Perkotaan Nasional, yang menandatangani surat kepada presiden Uni Eropa yang menyerukan perlakuan yang adil dan manusiawi untuk semua.



Sejak hari pertama invasi Rusia, laporan diskriminasi di perbatasan Ukraina mulai muncul ke permukaan.

Seorang pelajar dari Ghana menggambarkan apa yang dia lihat dan alami.

"Kebanyakan mereka akan, mereka akan mempertimbangkan orang kulit putih dulu. Orang kulit putih dulu, orang India, orang Arab sebelum orang kulit hitam," kata Ethel Ansaeh Otto seperti dikutip dari CBS News, Minggu (13/3/2022).



Pelajar lain, dari Maroko, mengatakan: "Kami pergi ke stasiun kereta api dan mereka tidak mengizinkan kami masuk."

"Dan ketika mereka mengizinkan kami masuk, mereka seperti, 'Anda harus memberi kami uang karena ini, ini tidak gratis untuk Anda karena Anda orang asing. Ini tidak gratis untuk Anda," kata Selma El Alaui.

Di media sosial, beberapa menulisnya sebagai propaganda Rusia. Tetapi Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mentweet sebuah video pada awal Maret yang mengatakan hotline darurat telah dibuat khusus untuk pelajar Afrika, Asia, dan lainnya yang ingin meninggalkan Ukraina.

Sejarawan Kimberly St. Julian Varnon telah mempelajari ras, kebijakan luar negeri, dan Rusia selama bertahun-tahun serta menyebut Ukraina sebagai rumah pada tahun 2013.



"Ini adalah salah satu hal di mana, jika Anda adalah orang kulit berwarna dan Anda bekerja di Eropa Timur, dan Anda meneliti Eropa Timur, rasisme bukanlah hal baru, maksud saya, diskriminasi rasial bukanlah hal baru, tetapi untuk melihatnya di layar dan diperburuk oleh perang, itu benar-benar menyayat hati," katanya kepada Jericka Duncan dari CBS News.

Terutama menyayat hati, katanya, ketika mempertimbangkan pengungsi Suriah yang pada bulan Desember mencari bantuan di perbatasan Polandia-Belarusia dengan sedikit atau tidak berhasil.

"Saya pikir perbedaan utama adalah ras dan etnis," kata St. Julian Varnon.

Sementara media sosial telah membantu mengungkap diskriminasi rasial, St. Julian-Varnon mengatakan itu juga telah digunakan oleh Rusia untuk menyebarkan disinformasi.



Pelajar dari Afrika dan negara-negara lain merupakan populasi kecil. Tetapi seperti yang dijelaskan St. Julian Varnon, tidak boleh orang didiskriminasi dengan cara ini. Dia berhubungan dengan beberapa pelajar yang berhasil sampai ke Hongaria. Dia mengatakan banyak dari mereka sekarang dianggap sebagai warga negara dari negara ketiga dan telah diberitahu bahwa mereka harus pindah ke negara lain atau pulang ke rumah dalam waktu 30 hari.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)