Polandia Sudah Tampung 1 Juta Lebih Pengungsi Ukraina

Minggu, 06 Maret 2022 - 21:00 WIB
loading...
Polandia Sudah Tampung 1 Juta Lebih Pengungsi Ukraina
Polandia Sudah Tampung 1 Juta Lebih Pengungsi Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MEDYKA - Pengungsi Ukraina yang masuk ke Polandia diperkirakan akan menyentuh angka 1 juta jiwa pada Minggu (6/3/2022), di tengah terus meningkatnya invasi pasukan Rusia ke Ukraina.

Data baru menunjukkan penjaga perbatasan Polandia membersihkan sebanyak 129.000 orang di penyeberangan perbatasan pada hari Sabtu, terbesar dalam satu hari sejak perang dimulai, sehingga total menjadi 922.400.



"Check-in disederhanakan mungkin," kata juru bicara Penjaga Perbatasan Polandia Anna Michalska, seperti dikutip dari Reuters. "Intinya konfirmasi identitas orang, verifikasi dokumen, cek database kalau bukan orang buronan. Butuh beberapa menit," lanjutnya.

"Prakiraan menunjukkan bahwa hari ini jumlah orang yang memasuki Polandia dari Ukraina mulai 24 Februari akan melebihi satu juta," tambahnya.

Di penyeberangan Medyka, perbatasan tersibuk di sepanjang 500 km antara Polandia dengan Ukraina, para pengungsi berhamburan melewati kotak-kotak pakaian yang diletakkan di sepanjang jalan dari penyeberangan perbatasan. Para Pramuka nampak membagikan teh panas, makanan, dan perlengkapan mandi.



Beberapa pengsungsi membawa bayi, yang lain anjing dan kucing terbungkus selimut. Banyak yang bergabung dalam antrean bus ke kota terdekat Przemysl di mana teman, kerabat, dan sukarelawan menunggu untuk membawa mereka ke kota-kota lain di Polandia dan sekitarnya.

"Di Kiev ada banyak bom dan Anda duduk di ruang bawah tanah dan masih mendengarnya dan karena itu saya meninggalkan kota ini," kata Anna Klimova, 21, yang bepergian ke Wroclaw untuk tinggal bersama saudara laki-lakinya. "Ini benar-benar situasi yang sulit," lanjutnya.

Komunitas Ukraina Polandia yang berjumlah sekitar 1,5 juta adalah yang terbesar di kawasan itu dan menjadikan negara itu sebagai titik tujuan utama bagi para pengungsi, meskipun orang-orang Ukraina yang melarikan diri juga menyeberang ke tempat yang aman melalui Slovakia, Hongaria, dan Rumania utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)