PBB: Lebih dari 2,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina

Sabtu, 12 Maret 2022 - 15:19 WIB
loading...
PBB: Lebih dari 2,5 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina
Lebih dari 2,5 juta orang telah melarikan diri dari Ukraina. Foto/Al Araby
A A A
JENEWA - Badan-badan PBB mengatakan lebih dari 2,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina dan 2 juta lainnya telah diusir dari rumah mereka di negara itu sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari.

PBB telah merencanakan kebutuhan kemanusiaan dengan asumsi bahwa sekitar 4 juta pengungsi Ukraina akan mencari keselamatan di luar negeri.

Namun, dengan sekitar 200.000 orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga selama 24 jam terakhir, seorang pejabat urusan pengungsi PBB mengatakan mereka mungkin harus merevisi angka itu lebih tinggi.



"Sangat mungkin bahwa angka perencanaan 4 juta akan direvisi. Itu tidak akan mengejutkan," Matthew Saltmarsh, juru bicara badan pengungsi PBB (UNHCR) di dekat perbatasan di Polandia mengatakan kepada wartawan Jenewa melalui tautan video seperti dikutip dari Al Araby, Sabtu (12/3/2022).

Ia mengatakan badan-badan kemanusiaan berebut untuk menyediakan fasilitas pemanas bagi ribuan pengungsi yang menunggu dalam suhu beku di perlintasan perbatasan.



Sementara itu, truk membawa ribuan selimut dan kasur termal ke arah lain.

Ratusan ribu orang terperangkap di bawah pemboman besar-besaran di kota-kota besar dan kecil di seluruh Ukraina dan kehabisan pasokan, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan karena gagal mematuhi gencatan senjata.

Sebuah laporan dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengatakan pada hari Jumat bahwa layanan dukungan psikologis disediakan secara online dari ruang bawah tanah di Ukraina karena situasi keamanan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)