Misteri Rusia Tak Gunakan Jet Tempur Canggih Gempur Ukraina, Ini Jawabannya

Rabu, 02 Maret 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
“Mereka tidak menerbangkan CAP [patroli udara tempur], atau counter-air ofensif, dan hanya [kemarin] saya melihat pesawat pengebom Su-34 pertama melakukan serangan,” kata Kofman.

Di Sayap dan Doa

Sistem radar utama Ukraina mungkin dibutakan. Tetapi foto-foto satelit mengungkapkan beberapa landasan pacu lapangan terbang militernya tampak berkawah.

Bukan berarti pesawat operasionalnya kemungkinan masih ada.

Terlepas dari itu, kata Bronk, Angkatan Udara Ukraina seharusnya sudah kewalahan sekarang.

“Pesawat Su-35 dan Su-30 [Rusia] akan membuat jet tempur Ukraina kewalahan, bahkan jika mereka berhasil lepas landas untuk serangan mendadak yang dilakukan pada ketinggian yang sangat rendah dengan kesadaran situasional yang terbatas. Ini tidak terjadi," paparnya.

Konsekuensinya adalah Angkatan Udara Ukraina dapat melakukan serangan tepat pada kolom tank yang maju.

“Beberapa kolom Rusia telah dikirim ke depan di luar jangkauan pertahanan udara mereka, dan dalam kasus lain yang menyertai baterai SAM [Rudal Permukaan-ke-Udara] tidak aktif dalam kemacetan lalu lintas militer,” kata Bronk.

Ukraina juga mencegat helikopter serang Rusia dan mungkin pesawat angkut yang membawa pasukan terjun payung.

“Fakta bahwa pasukan dan warga sipil Ukraina dapat melihat [dan dengan cepat membuat mitologi] pilot mereka sendiri terus menerbangkan serangan mendadak di atas kota-kota besar juga menjadi faktor pendorong moral utama,” kata Bronk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)