Aksi Putin Tidak Dapat Dukungan dari Dewan Keamanan PBB

Rabu, 23 Februari 2022 - 01:01 WIB
loading...
A A A
"Kami akan melanjutkan upaya ini dan meminta Rusia untuk mencocokkan kata-katanya dengan tindakan ketika mengklaim mendukung dialog dan membatalkan keputusan untuk mengakui entitas separatis," ujarnya.

Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward mengatakan ada laporan tentang pasukan dan tank Rusia sekarang memasuki Donetsk dan Luhansk.



“Invasi ke Ukraina melepaskan kekuatan perang, kematian dan kehancuran pada rakyat Ukraina,” ia memperingatkan.

Dia mendesak Dewan Keamanan untuk meminta Rusia menghentikan tindakan militer apa pun, mengutuk agresi terhadap negara berdaulat dan mempertahankan integritas teritorial Ukraina, dan menyerukan Rusia untuk menghormati kewajibannya berdasarkan Piagam PBB. Namun itu hampir tidak mungkin mengingat Rusia memiliki hak veto atas setiap tindakan dewan.

“Rusia telah membawa kita ke jurang,” kata Woodward. “Kami mendesak Rusia untuk mundur,” imbuhnya.

Dalam sambutan yang sangat singkat, Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun tidak menyebutkan tindakan Rusia, dengan mengatakan semua pihak harus menahan diri, dan menghindari tindakan apa pun yang dapat memicu ketegangan.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya menuntut agar Rusia membatalkan pengakuannya atas kemerdekaan wilayah separatis, segera menarik "pasukan pendudukan" yang dikirim ke sana oleh Putin, dan kembali ke negosiasi.

Dia menyebut Dewan Keamanan "sakit" karena kelambanannya di masa lalu, dan mendesak anggotanya untuk membela kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

Terlepas dari tindakan Putin, dia berkata: “Perbatasan Ukraina yang diakui secara internasional telah dan akan tetap tidak dapat diubah terlepas dari pernyataan dan tindakan apa pun oleh Federasi Rusia.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)