Serangan Nasionalis Hindu pada Muslim Makin Parah, Demokrasi India Terancam Punah

Jum'at, 18 Februari 2022 - 14:06 WIB
loading...
A A A
Meskipun demokrasi di mana-mana telah menghadapi kemunduran dalam beberapa tahun terakhir, terutama AS sendiri, para ahli mengatakan situasi India mencapai jauh melampaui perbatasannya.

“Nasib tatanan demokrasi liberal dunia terkait erat dengan India karena ukurannya yang tipis sebagai negara demokrasi terbesar di dunia,” ujar Niranjan Sahoo, rekan senior di Observer Research Foundation, wadah pemikir global di New Delhi.

Dia menjelaskan, “Justru karena ini dan potensi mengimbangi otoritarianisme China, AS telah berinvestasi begitu banyak di India.”

Menteri luar negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, menolak penilaian terhadap penurunan demokrasi India. Dia mengarahkan kritik ke AS dan upaya Presiden Trump dan sekutunya membatalkan hasil pemilu 2020.

“Anda menggunakan dikotomi demokrasi dan otokrasi,” ujar Jaishankar tahun lalu. “Kau ingin jawaban yang jujur? Itu adalah kemunafikan.”

Bertentangan dengan berita utama, pandangan moderat bertahan di India. Survei Pew Research tahun lalu menemukan 85% orang Hindu setuju menghormati semua agama adalah penting untuk menjadi orang India sejati.

Namun suara mereka sering ditenggelamkan oleh kaum nasionalis sayap kanan yang lebih banyak beraksi di jalanan.

Penganiayaan agama tidak terbatas pada umat Islam. Massa telah membakar patung Sinterklas dan merusak layanan Kristen.

Kaum nasionalis Hindu juga menyerukan pembantaian Sikh karena prevalensi mereka dalam protes pertanian tahun lalu yang memaksa Modi untuk membatalkan salah satu inisiatif kebijakan khasnya, reformasi pertanian.

Pada Desember, gerombolan nasionalis Hindu menyerbu satu sekolah Katolik untuk mencegah apa yang mereka pikir sebagai upacara konversi agama di negara bagian Madhya Pradesh.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)