Rusia Tarik Pasukan, Ini Reaksi NATO

Selasa, 15 Februari 2022 - 22:18 WIB
loading...
A A A
Para pemimpin Barat telah mengungkapkan kekhawatiran selama berbulan-bulan bahwa Rusia dapat merencanakan invasi ke tetangganya, dan telah menunjuk laporan tentang penumpukan pasukan di perbatasan bersama kedua negara, serta latihan dengan Minsk sebagai pendahulu potensial.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang tidak disebutkan namanya memperingatkan pada Januari bahwa latihan itu dapat dikaitkan dengan "rencana untuk kemungkinan" ofensif terhadap Ukraina.



Kremlin secara konsisten menolak bahwa serangan akan terjadi, dan telah berupaya mendapatkan perjanjian keamanan yang akan membatasi aktivitas NATO di Eropa Timur, serta ekspansi blok tersebut.

Namun, Stoltenberg telah mengkritik permintaan Rusia agar blok tersebut tidak mengakui Ukraina, mencatat bahwa Moskow "tidak memiliki hak veto" di jalan Kiev menuju keanggotaan, dan bahwa ia tidak akan menerima sistem keanggotaan "dua tingkat" yang mencegahnya mengerahkan pasukan di negara bagian tertentu.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan bahwa NATO telah menipu Moskow dengan janji-janji palsu bahwa mereka tidak akan memperluas ruang yang tersisa setelah runtuhnya Uni Soviet.

“Tidak satu inci pun ke Timur, mereka memberi tahu kami pada 1990-an, dan lihat apa yang terjadi – mereka menipu kami, dengan keras dan terang-terangan,” katanya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)