Aturan Dicabut, Warga Spanyol Boleh Keluyuran Tanpa Masker

Jum'at, 11 Februari 2022 - 01:11 WIB
loading...
A A A
Laju infeksi baru yang meroket di Spanyol sejak akhir Oktober mencapai puncaknya pada 21 Januari pada angka 3.418 per 100.000 penduduk selama dua minggu, rekor pandemi sepanjang masa, meskipun para ahli berpikir angka resmi Kementerian Kesehatan tidak mencerminkan gambaran lengkap mengingat banyak infeksi dikonfirmasi dengan alat pengujian rumah dan tidak dilaporkan ke pihak berwenang.



Perlambatan penularan terus berlanjut, dengan jumlah selama 14 hari turun pada hari Rabu menjadi 1.693, dari 1.894 sehari sebelumnya. Hunian rumah sakit COVID-19 telah turun menjadi kurang dari seperlima dari total kapasitas dan ada lebih banyak pasien yang dibebaskan dari perawatan intensif saat ini daripada yang dirawat.

Negara-negara Eropa lainnya juga telah melonggarkan tindakan pandemi mereka, karena semakin banyak pemerintah yang merancang protokol untuk hidup berdampingan dengan virus Corona.

Sementara itu warga Italia juga dapat pergi ke luar rumah tanpa masker mulai Jumat, dengan hampir 30% lebih sedikit kasus baru dalam minggu lalu. Pemerintah Italia sedang mendiskusikan pencabutan keadaan darurat pada 31 Maret dan, bersamaan dengan itu, aturan penggunaan masker dalam ruangan yang diberlakukan pada awal krisis kesehatan.

Pihak berwenang di Spanyol dan Italia memuji tingkat vaksinasi mereka yang kuat – di kedua negara sekitar 82% populasi telah memiliki dua dosis vaksin – untuk tingkat rawat inap pasien COVID-19 di rumah sakit yang lebih rendah daripada lonjakan infeksi sebelumnya.

Italia secara resmi mencatat hampir 150.000 kematian terkait dengan COVID-19 dan Spanyol lebih dari 95.000.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)