PM Israel: Salah Jika Berpikir Kesepakatan Nuklir Iran Akan Tingkatkan Stabilitas

Minggu, 06 Februari 2022 - 22:00 WIB
loading...
PM Israel: Salah Jika Berpikir Kesepakatan Nuklir Iran Akan Tingkatkan Stabilitas
PM Israel: Salah Jika Berpikir Kesepakatan Nuklir Iran Akan Tingkatkan Stabilitas. FOTO/GPO
A A A
TEL AVIV - Kesepakatan nuklir Iran yang dirundingkan oleh kekuatan dunia di Wina akan mempersulit upaya pencegahan nuklir Iran. Perdana Menteri Israel , Naftali Bennett memperingatkan hal itu pada pembukaan rapat kabinet, Minggu (6/2/2022).

“Yang paling utama di antara ancaman terhadap Negara Israel adalah Iran,” kata Bennett. “Kami, sebagai kabinet, bertanggung jawab untuk menghadapi [ancaman] nuklir Iran, dan dengan cermat mengikuti apa yang terjadi dalam pembicaraan di Wina,” lanjutnya, seperti dikutip dari Jerusalem Post.



Menurut Bennett, perjanjian dan apa yang tampak sebagai syarat-syaratnya, akan merusak kemampuan untuk menjalankan program nuklir.

"Siapa pun yang berpikir kesepakatan akan meningkatkan stabilitas adalah salah," tambahnya. “Ini akan menunda pengayaan untuk sementara, tetapi kita semua di wilayah ini akan membayar harga yang mahal dan tidak proporsional untuk itu,” ungkapnya.

Bennett menunjukkan bahwa, dalam beberapa pekan terakhir, Iran telah meningkatkan agresinya di kawasan itu, pada saat yang sama bernegosiasi di Wina. Ia juga menyatakan, Israel sedang bekerja untuk memperkuat dirinya secara militer selama beberapa dekade mendatang.

“Israel akan mempertahankan kebebasan bertindak dalam situasi apa pun, dengan atau tanpa kesepakatan,” katanya.



Kekuatan dunia telah bernegosiasi on-and-off dengan Iran selama 10 bulan terakhir agar Republik Islam dan Amerika Serikat kembali mematuhi kesepakatan nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama 2015, yang membatasi pengayaan uranium Iran – tetapi bukan rudal balistiknya.

Pernyataan Bennett datang ketika para pejabat Israel khawatir bahwa kesepakatan baru dengan Iran akan mempertahankan waktu rezim untuk ledakan nuklir kurang dari enam bulan. Salah satu tujuan utama JCPOA pada tahun 2015 adalah untuk menjauhkan Iran satu tahun dari ledakan nuklir.



Utusan Khusus AS untuk Iran Rob Malley mengakui dalam sebuah wawancara dengan MSNBC selama akhir pekan, bahwa waktu terobosan dalam kesepakatan baru akan lebih pendek daripada JCPOA asli.

"Karena kemajuan yang telah mereka buat selama bertahun-tahun sejak kami menarik diri dari kesepakatan, akan sulit untuk mendapatkan kembali manfaat non-proliferasi penuh, garis waktu terobosan penuh," kata Malley. "Itu jelas salah satu dari banyak konsekuensi bencana dari keputusan untuk meninggalkan kesepakatan," tambahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)