Pakar Militer: Senjata Rusia Harus Dikirim ke Donbass Sekarang!

Rabu, 02 Februari 2022 - 12:00 WIB
loading...
Pakar Militer: Senjata Rusia Harus Dikirim ke Donbass Sekarang!
Sistem rudal Pantsir-S mengikuti kompetisi di International Army Games 2017, Astrakhan, Rusia, 5 Agustus 2017. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Pemimpin Partai Rusia Bersatu di Duma, Vladimir Vasilyev, meminta Kremlin memasok bantuan militer ke Republik Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk yang memisahkan diri di Ukraina timur.

Wakil Ketua Pertama Dewan Federasi dan Sekretaris Dewan Umum Rusia Bersatu Andrey Turchak mengatakan, “Rusia harus memberikan bantuan yang diperlukan Republik Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk (DPR dan LNR) dalam bentuk berbagai jenis persenjataan.”

Muncul pertanyaan tentang jenis senjata dan peralatan militer apa yang dapat dikirim ke republik yang memisahkan diri dari Ukraina setelah Maidan 2014, ketika protes massa menggulingkan mantan Presiden Viktor Yanukovych, dan apakah ini akan menjadi faktor penghambat dalam hipotesis konflik bersenjata dengan Ukraina.



“Menurut beberapa laporan, DPR dan LPR pada tahap ini memiliki lebih dari 600 tank, lebih dari seribu kendaraan tempur infanteri (IFV), lebih dari 500 artileri, dan lebih dari 250 peluncur roket ganda (MRL). Ada sekitar 30.000 tentara di republik itu,” ungkap Mikhail Khodarenok, pengamat militer di RT.com pada Senin (1/2/2022).



Ini tampak seperti angka yang signifikan, tetapi jika tentara Ukraina yang berkekuatan 255.000 orang memulai serangan, unit militer DPR dan LPR tidak akan dapat menahannya.



“Pendapat umum adalah bahwa jika ketegangan meningkat di Donbass, republik yang memproklamirkan diri akan membutuhkan bantuan tentara Rusia,” ujar Khodarenok.

Tapi jenis senjata apa yang bisa dikirim Rusia ke Donbass hari ini untuk membantu mereka dalam pertahanan melawan tentara Ukraina?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)