Putin Tuduh AS Coba Memancing Rusia ke Dalam Perang

Rabu, 02 Februari 2022 - 07:59 WIB
loading...
Putin Tuduh AS Coba Memancing Rusia ke Dalam Perang
Tank-tank amphibi MT-LB mengikuti latihan militer di Rostov, Rusia, 26 Januari 2022. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Barat sengaja menciptakan skenario yang dirancang untuk memancingnya ke dalam perang dan mengabaikan masalah keamanan Rusia atas Ukraina.

Dalam komentar publik langsung pertamanya tentang krisis Ukraina selama hampir enam pekan, Putin pada Selasa (1/2/2022) tidak menunjukkan tanda-tanda akan mundur dari tuntutan keamanan.

Barat menyebut tuntutan Rusia sebagai alasan yang tidak masuk akal dan kemungkinan alasan untuk melancarkan invasi ke Ukraina. Tuduhan itu dibantah Moskow.



“Sudah jelas sekarang … bahwa kekhawatiran mendasar Rusia diabaikan,” ujar Putin pada konferensi pers dengan perdana menteri Hungaria yang sedang berkunjung.



Hungaria adalah salah satu dari beberapa pemimpin NATO yang mencoba mendekati Putin ketika krisis semakin meningkat.



Putin menggambarkan skenario masa depan yang potensial di mana Ukraina diterima di NATO dan kemudian berusaha merebut kembali semenanjung Krimea, wilayah yang direbut Rusia pada 2014.

“Mari kita bayangkan Ukraina adalah anggota NATO dan memulai operasi militer ini. Apakah kita harus berperang dengan blok NATO? Apakah ada yang memikirkan hal itu? Ternyata tidak,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)