Pertama Sejak 2017, Korut Diduga Luncurkan Rudal Balistik Jarak Jauh

Minggu, 30 Januari 2022 - 11:36 WIB
loading...
Pertama Sejak 2017, Korut Diduga Luncurkan Rudal Balistik Jarak Jauh
Pertama sejak 2017, Korut diduga meluncurkan rudal balistik jarak jauh. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) pada hari Minggu (30/1/2022)meluncurkan apa yang tampaknya menjadi rudal paling kuat yang telah diujinya sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjabat. Ini dilakukan saat negara itu menghidupkan kembali pedoman lamanya untukmendapatkankonsesi dari Washington dan negara tetangganya di tengah kebuntuan diplomasi yang berkepanjangan.

Para pejabat Jepang mengatakan rudal itu, berdasarkan penilaian awal jalur penerbangannya, berpotensi mencapai ketinggian maksimum 2.000 kilometer dan menempuh jarak 800 kilometer sebelum mendarat di laut.

Rincian penerbangan ini menunjukkan Korut kembali menguji rudal balistik jarak jauhnya sejak 2017, ketika melakukan uji terbang tiga rudal balistik antarbenua yang menunjukkan jangkauan potensialnya menjangkau jauh ke dalam Amerika.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan rudal itu terbang selama sekitar 30 menit dan mendarat di perairan di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Sedangkan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan Korut meluncurkan satu rudal balistik yang dicurigai dari daerah pedalaman utara tetapi tidak segera memberikan rincian penerbangan lebih lanjut.



"Penilaian Jepang menunjukkan bahwa Korea Utara menguji rudal balistik jarak menengah atau bahkan mungkin senjata yang mendekati kapasitas ICBM," kata Lee Choon Geun, pakar rudal dan peneliti kehormatan di Institut Kebijakan Sains dan Teknologi Korea Selatan.

“Saya pikir ini berarti bahwa moratorium Korea Utara (dalam pengujian jangka panjang) secara efektif telah berakhir,” imbuh Lee seperti dilansir dari Global News.

Penjaga pantai Jepang mengeluarkan peringatan keselamatan maritim, mengatakan bahwa sebuah objek yang berpotensi rudal balistik Korut bisa saja mendarat, tetapi tidak ada laporan mengenai kerusakan pada kapal atau pesawat.

Uji coba hari Minggu ini adalah peluncuran senjata ke-7 yang dilakukan Korut pada bulan ini. Kecepatan tes yang luar biasa cepat menunjukkan niat rezim Pyongyang untuk menekan pemerintahan Biden atas negosiasi nuklir yang telah lama terhenti.

Peluncuran itu dilakukan tiga hari setelah Korut menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut pada hari Kamis lalu. Korut juga melakukan uji terbang sepasang rudal jelajah jarak jauh yang diklaim pada hari Selasa sambil berjanji untuk memperkuat “pencegah perang” nuklirnya dan membangun senjata yang lebih kuat.



Peluncuran itu dilakukan setelah pemimpin Korut Kim Jong-un memimpin pertemuan partai yang berkuasa pada 20 Januari lalu di mana anggota senior partai membuat ancaman terselubung untuk melanjutkan pengujian bahan peledak nuklir dan ICBM, yang ditangguhkan Kim Jong-un pada 2018 saat memulai diplomasi dengan Amerika Serikat (AS).

Korut telah meningkatkan aktivitas uji coba dalam beberapa bulan terakhir, termasuk tujuh putaran peluncuran senjata sejauh ini pada tahun 2022, menunjukkan kekuatan militernya di tengah kesulitan terkait pandemi dan pembekuan berkepanjangan dalam diplomasi nuklir dengan AS.

Para ahli mengatakan Korut dapat menghentikan uji coba setelah dimulainya Olimpiade Musim Dingin Beijing minggu depan untuk menghormati China, sekutu utamanya dan jalur kehidupan ekonomi. Tetapi ada juga harapan bahwa Korut dapat secara signifikan meningkatkan demonstrasi senjata begitu Olimpiade berakhir pada Februari mendatang untuk menarik perhatian pemerintahan Biden, yang lebih fokus menghadapi China dan Rusia atas konfliknya dengan Ukraina.

“Korea Utara hiruk-pikuk meluncurkan rudal sebelum dimulainya Olimpiade Beijing, sebagian besar sebagai upaya modernisasi militer. Pyongyang juga ingin meningkatkan kebanggaan nasional karena bersiap untuk merayakan hari jadi politik dalam konteks perjuangan ekonomi,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

“Ia ingin mengingatkan Washington dan Seoul bahwa mencoba menggulingkannya akan terlalu mahal. Dengan mengancam stabilitas di Asia sementara sumber daya global menipis di tempat lain, Pyongyang menuntut dunia memberikan kompensasi untuk bertindak seperti kekuatan nuklir yang bertanggung jawab," tambah Easley.



Korut membela kegiatan uji cobanya sebagai pelaksanaan hak untuk membela diri dan mengancam tindakan yang lebih keras setelah pemerintahan Biden memberlakukan sanksi baru menyusul dua uji coba rudal hipersonik awal bulan ini.

Kim Jong-un telah berulang kali bersumpah untuk meningkatkan kekuatan nuklirnya sejak pertemuan puncaknya dengan Presiden Donald Trump yang ambruk pada tahun 2019. Saat itu AS menolak tuntutan Korut untuk bantuan sanksi besar dengan imbalan penyerahan sebagian kemampuan nuklirnya.

Sementara sangat membutuhkan bantuan dari luar ketika ekonominya memburuk di bawah sanksi yang dipimpin AS yang melumpuhkan dan kesulitan terkait pandemi, Kim Jong-un tidak menunjukkan kesediaan untuk menyerahkan senjata nuklir dan rudal yang dia lihat sebagai jaminan terkuatnya untuk bertahan hidup.

Analis mengatakan kampanye tekanan Kim Jong-un ditujukan untuk memaksa Washington menerima Korut sebagai kekuatan nuklir dan mengubah diplomasi perlucutan senjata-untuk-bantuan nuklir mereka menjadi negosiasi untuk pengurangan senjata bersama.

Kim Jong-un tahun lalu mengumumkan rencana lima tahun baru untuk mengembangkan senjata dan mengeluarkan daftar keinginan ambisius yang mencakup senjata hipersonik, satelit mata-mata, rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat, dan rudal nuklir yang diluncurkan dari kapal selam.



Media pemerintah pada hari Jumat melaporkan bahwa Kim Jong-un mengunjungi sebuah pabrik amunisi yang tidak ditentukan yang memproduksi "sistem senjata utama," dan para pekerja berjanji setia kepadanya yang dengan berani menghancurkan tantangan imperialis AS dan pasukan bawahannya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)