BREAKING NEWS: Korut Kembali Luncurkan Rudal, Ketujuh dalam Sebulan

Minggu, 30 Januari 2022 - 07:45 WIB
loading...
BREAKING NEWS: Korut Kembali Luncurkan Rudal, Ketujuh dalam Sebulan
Korut kembali meluncurkan rudal pada Minggu (30/1/2022), ketujuh dalam bulan ini. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) meluncurkan setidaknya satu proyektil yang diduga rudal balistik ke laut lepas pantai timurnya pada Minggu (30/1/2022). Ini menjadi uji coba ketujuh negara bersenjata nuklir itu dalam bulan ini.

Pemerintah Jepang mengatakan Korut telah meluncurkan kemungkinan rudal balistik, sementara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) melaporkan peluncuran proyektil tak dikenal, tanpa menjelaskan lebih lanjut seperti dikutip dari Metro.us.

Jika dikonfirmasi, itu bisa membuat Januari menjadi bulan tersibuk untuk program rudal Korut, yang menurut para analis memperluas dan mengembangkan kemampuan baru meskipun ada sanksi ketat serta resolusi dari Dewan Keamanan PBB yang melarang uji coba rudal balistik negara itu.



Dalam pidato menjelang Tahun Baru, pemimpin Korut Kim Jong-un menyerukan untuk memperkuat militer dengan teknologi mutakhir pada saat pembicaraan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat terhenti.

Sejak itu, Korut telah melakukan serangkaian peluncuran yang menampilkan berbagai jenis senjata, lokasi peluncuran, dan kecanggihan yang semakin meningkat.

Dari rudal hipersonik dan rudal jelajah jarak jauh hingga rudal yang diluncurkan dari kereta api dan bandara, tes tersebut menyoroti persenjataan negara bersenjata nuklir yang berkembang pesat dan maju di tengah pembicaraan denuklirisasi yang terhenti.

Korut belum menguji rudal balistik antarbenua atau senjata nuklir jarak jauh sejak 2017, tetapi penguasa negara itu memberi kesan bulan ini mereka dapat memulai kembali kegiatan itu.

Peluncuran terbarunya ini termasuk uji coba dua rudal balistik jarak pendek dan hulu ledaknya pada hari Kamis, serta pembaruan untuk sistem rudal jelajah jarak jauh diuji pada hari Selasa lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)