Hamster Dibantai Pemerintah Hong Kong, Pengkritik Protes dengan NFT

Sabtu, 22 Januari 2022 - 22:22 WIB
loading...
Hamster Dibantai Pemerintah Hong Kong, Pengkritik Protes dengan NFT
Petugas dengan peralatan pelindung meninggalkan toko binatang peliharaan yang tutup sementara di Hong Kong, 18 Januari 2022. Foto/REUTERS
A A A
HONG KONG - Kelompok di Hong Kong meluncurkan proyek non-fungible token (NFT) yang akan "menjadikan" 2.000 pixel art hamster untuk memprotes keputusan pemerintah memusnahkan hamster.

Langkah pemerintah memusnahkan hamster itu karena khawatir hewan pengerat yang banyak jadi binatang peliharaan itu menularkan Covid-19 ke manusia.

Proyek yang disebut sebagai ‘Carries Hamsters’ itu diberi nama seperti Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam.



Kampanye itu tampaknya diluncurkan pada Kamis (20/1/2022), ketika pemilik hamster dan toko hewan peliharaan di pulau itu menyerahkan hewan itu setelah otoritas kesehatan memerintahkan sekitar 2.000 hamster dan hewan pengerat kecil lainnya untuk "secara manusiawi" dimusnahkan pekan ini.



Mengumumkan kampanye melalui akun Instagram-nya, kelompok itu mencatat mereka “tidak akan mendukung euthanasia.” Euthanasia merupakan suntikan mati yang akan diberikan pada hewan itu.

Mereka menyerukan, “Untuk berdiri, menyebarkan berita dan kepositifan, 2.000 hamster akan dibangkitkan dan dijual secara digital, dengan sebagian dari hasilnya akan disumbangkan ke badan amal hewan yang memerangi pemusnahan yang dapat dipilih oleh para pengikut sehari sebelum NFT dibuat.”

Proses pencetakan dijadwalkan akan dimulai pada tengah malam pada Senin, dengan kelompok tersebut menjanjikan masyarakat akan memiliki hamster dari segala jenis dan warna, dengan atribut yang berhubungan langsung dengan Hong Kong.

Proyek ini juga akan "menerbangkan" barang dagangan ke pemegang NFT untuk "melanjutkan misi dan menyebarkan berita."

Kehidupan adalah kehidupan, apakah itu manusia atau hewan. Kita perlu berdiri bersama untuk memastikan bahwa setiap kehidupan diberikan arti penting yang layak diterimanya.

Akun grup telah membagikan hamster digital yang akan “hidup bersama kita di blockchain.”

Mulai dari "hamster pelangi dingin dengan pita rambut berbunga-bunga" hingga kreasi piksel lainnya dengan kacamata, topi, masker wajah, dan pelindung wajah.

Meski kampanye itu tampaknya telah memicu tanggapan yang umumnya antusias, beberapa pengguna media sosial mengkritik kelompok itu sebagai "tidak tahu malu untuk mengambil untung dari tragedi itu."

Tetapi anggota proyek mengatakan, "Menyebarkan kesadaran akan membuat pihak berwenang berpikir dua kali ketika mereka membuat keputusan seperti ini."

Meskipun ada seruan dan petisi yang berkembang untuk mengakhiri pemusnahan selama sepekan, otoritas kota belum membatalkan perintah mereka.

Setelah berbulan-bulan tanpa transmisi lokal, Hong Kong baru-baru ini mengalami sedikit lonjakan kasus Covid-19.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2636 seconds (0.1#10.140)