Korsel: Korut Luncurkan Rudal Canggih Berkecepatan Mach 10

Rabu, 12 Januari 2022 - 03:14 WIB
loading...
A A A
Sebuah kendaraan luncur hipersonik dapat terbang di sepanjang lintasan yang tertekan, dapat bermanuver setelah terpisah dari roket pendorong, dan sering disebut sebagai istilah "rudal hipersonik" yang digunakan.

MaRV, di sisi lain, adalah sejenis kendaraan rudal balistik masuk kembali yang memiliki kemampuan untuk mengubah arah setelah memasuki kembali atmosfer pada lintasan melengkung.

"(Terlepas dari apakah rudal Korut adalah HGV atau MaRV) klaim kemampuan manuver Korea Utara tetap signifikan dan dapat menimbulkan tantangan pertahanan rudal tambahan," kata Joseph Dempsey, anggota peneliti untuk analisis pertahanan dan militer di Institut Internasional untuk Strategis. Studi, tulisnya dalam postingan di media sosial pekan lalu.



Korut pertama kali menguji apa yang disebutnya rudal hipersonik pada akhir September, ketika negara itu menguji senjata yang disebut Hwasong-8.

Pada Januari tahun lalu, Korut mengatakan tujuannya adalah untuk mengembangkan dan memperkenalkan hulu ledak terbang hipersonik dalam waktu singkat. Tidak jelas apakah Korea Utara telah mengembangkan apa yang sering dianggap sebagai rudal hipersonik.

Senjata hipersonik adalah area utama persaingan, dengan China, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). Semuanya secara aktif mengembangkan kemampuan tempur ini yang dinilai karena kemampuan mereka untuk menghindari sistem pertahanan udara dan rudal musuh untuk mengirimkan hulu ledak ke target.

Pada hari Selasa, menurut CNN, Korsel menyatakan keyakinannya pada kemampuannya untuk mempertahankan diri melawan Korut, dengan mengatakan bahwa militer memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mencegat proyektil ini, dan Seoul terus memperkuat sistem responsnya.

Peluncuran rudal hari Selasa adalah yang kedua kalinya tahun ini yang dilakukan oleh Korut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)