Ribuan Warga Korea Utara Berkumpul di Ibu Kota Negara, Ada Apa?

Minggu, 09 Januari 2022 - 08:26 WIB
loading...
Ribuan Warga Korea Utara Berkumpul di Ibu Kota Negara, Ada Apa?
Ribuan warga Korea Utara berkumpul di Ibu Kota guna memberikan dukungan terhadap program-program Kim Jong-un. Foto/Twitter
A A A
SEOUL - Ribuan warga Korea Utara (Korut) berkumpul di Lapangan Kim Il-sung di Ibu Kota Pyongyang untuk berunjuk rasa memberikan dukungan kepada Kongres Partai Buruh dan keputusannya.

Dalam foto dan video yang tersebar di dunia maya kerumunan yang dilaporkan terdiri dari petani, pekerja pabrik, pegawai, dan mahasiswa terlihat sepertimenerapkan social distancing atau jarak sosial ditambah dengan memakai masker seperti dilansir dari Sputnik, Minggu (9/1/2022).



Pada Kongres Partai Buruh, yang berlangsung minggu lalu, pada hari-hari terakhir tahun 2021, pemimpin Korut Kim Jong-un mengumumkan perlunya rencana ekonomi lima tahun yang baru. Dia juga menekankan bahwa negara perlu memperluas kekuatan militernya, memerintahkan pengembangan dan pembuatan sistem senjata yang lebih canggih.



Setelah kongres, Kim Jong-un lebih lanjut menyatakan selama pidato Tahun Barunya bahwa 2022 akan menjadi tahun perjuangan "hidup dan mati".



Korut telah membuat kemajuan yang mantap dalam mengembangkan industri pertahanannya selama dekade terakhir di bawah Kim Jong-un. Pada tahun 2021 saja, Korut menguji beberapa jenis persenjataan baru, termasuk rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam dan rudal hipersonik yang secara teoritis mampu menembus pertahanan udara.



Pyongyang mengatakan pihaknya melakukan uji peluncuran rudal hipersonik kedua pada 5 Januari lalu, dengan proyektil mencapai target 692 kilometer jauhnya. Bagaimanapun, Korea Selatan (Korsel), tidak percaya dengan pernyataan ini dan mengungkapkan keraguan jika tetangganya berhasil mendapatkan teknologi untuk rudal hipersonik.

Untuk diketahui, hanya beberapa negara yang saat ini memiliki teknologi rudal hipersonik termasuk China yang merupaka sekutu utama Korut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)