Siapa yang Menjadi Pemenang dalam Pengembangan Rudal Hipersonik?

Rabu, 03 April 2024 - 22:22 WIB
loading...
Siapa yang Menjadi Pemenang dalam Pengembangan Rudal Hipersonik?
Korea Utara sukses meluncurkan misil hipersonik. Foto/Reuters
A A A
PYONGYANG - Korea Utara telah menguji rudal hipersonik berbahan bakar padat baru dengan jangkauan menengah. Itu menunjukkan perlombaan dalam pengembangan yang semakin intensif untuk mendapatkan roket jarak jauh generasi berikutnya yang sulit dilacak dan dicegat.

Amerika Serikat, China, Rusia, dan negara-negara lain juga telah mengembangkan senjata hipersonik dalam beberapa tahun terakhir.

Siapa yang Menjadi Pemenang dalam Pengembangan Rudal Hipersonik?

1. Rudal Canggih yang Terbang Rendah dengan Kecepatan 6.200 Km per Jam

Melansir Reuters, hulu ledak yang mereka luncurkan biasanya bergerak dengan kecepatan lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200 kilometer per jam (3.850 mph), seringkali pada ketinggian yang relatif rendah.

Terlepas dari namanya, para analis mengatakan fitur utama senjata hipersonik bukanlah kecepatan – yang terkadang dapat ditandingi atau dilampaui oleh hulu ledak rudal balistik tradisional – namun kemampuan manuver.

Uji coba rudal hipersonik pertama Korea Utara pada tahun 2021 menampilkan hulu ledak berbentuk pesawat layang, sedangkan peluncuran pada tahun 2022 menggunakan apa yang menurut para pejabat dan analis militer Korea Selatan sebenarnya adalah kendaraan masuk kembali bermanuver berbentuk kerucut (MaRV), atau hulu ledak rudal balistik yang mampu bermanuver untuk mengenai sasaran. target.

Media pemerintah mengatakan uji coba terbaru Korea Utara bertujuan untuk menyempurnakan persenjataan agar dapat menyerang sasaran mana pun di wilayah musuh di seluruh dunia dengan cepat, akurat dan kuat.

Menggabungkan kendaraan luncur dengan rudal yang dapat meluncurkannya sebagian ke orbit – yang disebut sistem pemboman orbital fraksional (FOBS) – dapat semakin menghilangkan waktu reaksi dan mekanisme pertahanan tradisional musuh.

Sebaliknya, rudal balistik antarbenua (ICBM) membawa hulu ledak nuklir pada lintasan balistik yang bergerak ke luar angkasa tetapi tidak pernah mencapai orbit.


2. Rusia Adalah Pemenangnya

Pada bulan Februari, Rusia untuk pertama kalinya menembakkan rudal jelajah hipersonik Zirkon ke arah Ukraina, kata para peneliti. Presiden Vladimir Putin memuji senjata tersebut sebagai bagian dari generasi baru dan Moskow juga telah mengujinya dari kapal selam dan kapal fregat.

Tiongkok meluncurkan roket yang membawa kendaraan luncur hipersonik yang terbang melintasi luar angkasa pada tahun 2021, mengelilingi dunia sebelum meluncur menuju sasarannya, namun meleset sekitar dua puluh mil.

Pada bulan September 2021, Amerika Serikat mengatakan pihaknya telah menguji senjata hipersonik yang dapat bernapas di udara – artinya senjata tersebut dapat terbang sendiri melalui atmosfer seperti rudal jelajah – dalam uji coba pertama senjata kelas tersebut yang berhasil sejak tahun 2013.

3. Korea Utara Dibimbing oleh Rusia

Pada pertemuan Partai Pekerja yang berkuasa pada bulan Januari 2021, pemimpin Kim Jong-un menetapkan pengamanan senjata tersebut sebagai salah satu dari lima tujuan utama rencana lima tahun untuk meningkatkan kekuatan militer, di samping pengembangan ICBM berbahan bakar padat dan kapal selam nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)