F-22 Raptor Jet Tempur Siluman Terbaik, Mengapa AS Hentikan Produksinya?

Jum'at, 31 Desember 2021 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Periode pengembangan yang panjang juga menempatkan F-22 dalam persaingan tidak langsung dengan F-35 Joint Strike Fighter (JSF).
Meskipun pesawat yang berbeda dirancang untuk peran yang berbeda, F-35 adalah pesawat yang lebih murah dengan kemampuan serupa—dan dalam beberapa kasus lebih besar—daripada F-22, dan tampaknya berperan dalam Menteri Pertahanan Robert Gates yang merekomendasikan penghentian F-22.

Ketika Gates melakukannya, dia merekomendasikan untuk mempercepat program F-35. Gates memperkirakan bahwa Amerika Serikat akan memiliki 1.700 unit F-35 pada tahun 2025—jumlah yang, mengingat pembengkakan biaya dan penundaan program kontroversial, tidak mungkin dipenuhi oleh Pentagon.

Akhirnya, pada 2008, Amerika Serikat memasuki krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Hebat, dengan PDB anjlok 8 persen secara mengejutkan pada 2009, tahun ketika keputusan dibuat untuk menghentikan produksi F-22.

Resesi akan berlangsung hingga 2010, dan pemulihan masih bisa dibilang sedang berlangsung. Ini menambah tekanan untuk berkonsentrasi pada ancaman langsung dan menunda investasi dalam perang kekuatan besar, sesuatu yang pada tahun 2009 tampak sebagai prospek yang jauh.

Apakah AS Bikin Kesalahan Besar?

Delapan tahun setelah penghentian program F-22, dengan melihat ke belakang, vonis sejarah beragam. Di satu sisi, penghentian membuka jalan bagi program-program taktis lainnya yang lebih mendesak untuk didanai. Nyawa tidak diragukan lagi diselamatkan dengan mengalihkan miliaran ke produksi MRAP.

Di sisi lain, dunia telah berubah sekali lagi di tahun-tahun berikutnya, dan Angkatan Udara China dan Rusia berada di tengah-tengah upaya modernisasi ekstensif mereka sendiri, sama seperti kedua negara tumbuh lebih agresif di panggung dunia.

Sekarang ada tiga pesawat generasi kelima—J-20 dan FC-31 China, dan T-50 Rusia/India—dalam pengembangan untuk menantang kekuatan udara AS.

Tak satu pun dari pesawat itu ada pada tahun 2009, ketika Menteri Gates menghentikan program F-22. Kritik terhadap penghentian menuduh bahwa Departemen Pertahanan membuat pilihan taktis dengan mengorbankan senjata yang dapat menghalangi musuh memulai perang kekuatan besar, membuat perang yang jauh lebih menghancurkan lebih mungkin terjadi.

Penghentian program F-22 Raptor disebabkan oleh sejumlah faktor, tetapi mungkin alasan yang mendasarinya adalah program yang berlangsung begitu lama sehingga berisiko lebih besar untuk diremehkan oleh peristiwa terkini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0703 seconds (0.1#10.140)