Rusia Siap Merespons Jika Finlandia dan Swedia Gabung NATO

Minggu, 26 Desember 2021 - 21:33 WIB
loading...
Rusia Siap Merespons Jika Finlandia dan Swedia Gabung NATO
Masuknya Swedia dan Finlandia ke dalam NATO akan menimbulkan konsekuensi militer dan politik serius yang tidak akan dibiarkan tanpa jawaban oleh Moskow. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kemungkinan dimasukkannya Swedia dan Finlandia ke dalam NATO akan memiliki konsekuensi militer dan politik "serius" yang tidak akan dibiarkan tanpa jawaban oleh Moskow. Peringatan itu dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Rusia .

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan, upaya terus-menerus oleh NATO untuk menarik negara-negara itu ke dalam orbit kepentingan dan kebijakan oportunistiknya tidak luput dari perhatian Rusia.

“Cukup jelas bahwa Finlandia dan Swedia yang bergabung dengan NATO akan memiliki konsekuensi militer dan politik yang serius yang memerlukan tanggapan yang memadai dari pihak Rusia,” Zakharova memperingatkan.

"Kebijakan untuk tidak menjadi bagian dari aliansi apa pun, yang secara tradisional ditempuh oleh Stockholm dan Helsinki, dipandang oleh Moskow sebagai faktor penting dalam memastikan stabilitas di Eropa utara,” tambah Zakharova seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (26/12/2021).



NATO telah menyatakan kepuasannya atas apa yang disebutnya memperdalam kerja sama dengan Finlandia dan Swedia, yang "berbagi" nilai-nilai blok dan berkontribusi pada operasinya.

Pada pertemuan puncak pada bulan Juni, aliansi militer yang dipimpin Amerika Serikat (AS) itu berjanji untuk lebih meningkatkan hubungan tersebut untuk mendukung keamanan bersama, termasuk dengan persiapan manajemen krisis, latihan, dan pertukaran informasi dan analisis.

Pernyataan yang sama diulang selama kunjungan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg ke Stockholm dan Helsinki pada akhir Oktober lalu.

Awal bulan ini, Moskow mengeluarkan dua dokumen – satu ditujukan kepada NATO dan lainnya ke Washington – menuntut jaminan yang akan menjamin keamanan bagi semua pihak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)